web analytics
  

Pemkot Bandung Optimistis Partisipasi Pemilu Kota Bandung sesuai Target

Rabu, 17 April 2019 13:24 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

UJUNGBERUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, memastikan pelayanan perekaman KTP elektronik (KTP-el) tetap beroperasi pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Hal itu agar warga bisa segera memiliki KTP-el dan langsung dapat menyalurkan hak pilihnya. Pelayanan perekaman akan berlangsung di semua kecamatan di Kota Bandung dan dua gerai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Disdukcapil saya minta buka supaya jangan sampai ada hak warga yang karena dia tidak terekam, dokumen kependudukannya masih belum ada seolah-olah terhalangi oleh proses administrasi kependudukan," ungkap Yana, di Lapas Sukamiskin, Rabu (17/4/2019).

Menurut Yana, langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi keluhan masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS karena terkendala masalah administrasi seperti soal kepemilikan KTP-el.

"Jadi saya minta tetap buka. Pokoknya Pelayanan masyatakat tetap buka," lanjutnya.

Sementara itu Pemkot Bandung, lanjut Yana menyebut angka partisipasi warga Kota Bandung bisa mencapai target dari angka partisipasi yang ditargetkan nasional. Ia menyebutkan target nasional terkait angka partisipasi masyarakat di Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 adalah sebesar 77,5 persen.

Kendati demikian, Yana Optimistis partisipasi pemilu dari Warga Kota Kembang mampu mengejar target nasional tersebut berdasar pada angka partisipasi warga Kota Bandung pada Pilkada Jawa Barat 2018 yang mencapai 76,62 persen.

Alhasil, Yana menyampaikan, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula agar para pemilih milenial ini menggunakan hak suaranya. Bagaimana tidak, dari 1,7 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Bandung, 30 persennya adalah pemilih pemula.

"Kan kemarin kalau KPI sekitar 76,5% ya. Keliatannya saya melihat temen-temen kadis juga kumpul di Balkot, sudah nyoblos semua, melihat tingkat partisipasi warga cukup besar. Mudah-mudahan tercapai. Bismillah," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers