web analytics
  

Warga Binaan Lapas Sukamiskin Ikut Salurkan Hak Politik

Rabu, 17 April 2019 11:15 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Suasana pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019). (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

UJUNG BERUNG, AYOBANDUNG.COM -- Di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, sejumlah narapidana tindak pidana korupsi (tipikor) menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2019. Hampir seluruh warga binaan di Lapas Sukamiskin terdaftar di daftar pemilih tambahan (DPTb). 

Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto menyampaikan jumlah Warga Binaan Lapas Sukamiskin sebanyak 480 orang. Adapun jumlah keseluruhan warga binaan yang memiliki hak pilih sebanyak 465 orang. Semengara, jumlah pemilih warga binaan yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 187 orang. 

Di sisi lain, jumlah pemilih warga binaan yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 278 orang. DPK itu terbagi atas dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu TPS 65 sebanyak 199 orang dan TPS 75 sebanyak 266 orang. Tidak terdeteksi diadukcapil/NIK bermasalah sebanyak 15 orang.

AYO BACA : Usai Nyoblos, Ridwan Kamil Langsung Patroli

"Jadi antusias dari  480 warga binaan pada pagi hari ini terdapftar 465 orang yang memiliki hak pilih. Tapi ada 15 orang lagi tidak terkover di disdukcapil," ungkap Tejo di sela pantauan TPS 065 dan 075 Lapas Sukamiskin, Rabu (17/4/2019).

Tejo menyampaikan 15 warga binaan yang tidak terkover Disdukcapil ini memiliki beberapa alasan. Mulai dari NIK bermasalah, tidak terekam atau tak ada dalam aplikasi Disdukcapil, dan kesulitan akses membuka NIK.

"Ada tiga alasan tidak terkover, yaitu NIK bermasalah, tidak terekam, ga ada aplikasi di disdukcapil, ketiga sulit akses disdukcapil untuk membuka NIK. Dalam artian NIK ada tapi kok direkam ga ada, tidak sesuai. Jadi yg tidak bisa memilih 15, sisanya 465 bisa," lanjutnya.

AYO BACA : Emak-emak Kesulitan Melipat Kertas Suara

Kendati demikian, dari 465 warga binaan yan memiliki hak pilih, Tejo berharap partisipasi politik wargaanbinaan bisa mencapai 100 persen. "Antusias dari pemilih tapi sudah antre. Mudah-mudahan dari 465 100 persen yang pilih," ujarnya.

Sementara itu, jumlah petugas lapas Sukamiskin sebanyak 131 orang. Petugas yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (PDTb) sebanyak 88 orang. Jumlah DPTb dan DPK warga binaan dan petugas sebanyak 553. Dengan alokasi surat suara di TPS 065 dan 075 sebanyak 573 sisanya 20 surat suara.

Petugas kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS). Masing-masing KPPS memiliki petugas sebanyak 9 orang terdiri dari Petugas KPPS sebanyak 7 orang dan Pengamanan khusus sebanyak 2 orang. 

Dari pantauan ayobandung.com di lokasi, sejumlah warga binaan tipikor sudah menyalurkan hak politiknya seperti Fahmi Darmawansyah, O.C. Kalogis, Jero Wacik, Setya Novanto, hingga Luthfi Hasan Ishaaq.

Sementara, hingga berita ini diturunkan petugas Lapas Sukamiskin tengah melakukan proses pemungutan dengan dua tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas Sukamiskin.

AYO BACA : Bukan Petahana, Prabowo Tak Bisa Jamin Pemilu Berjalan Damai

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers