web analytics
  

Jelang Pemilu, Sekda Jabar Maksimalkan Kelancaran Distribusi Logistik dan Keamanan

Jumat, 12 April 2019 21:44 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Jelang Pemilu, Sekda Jabar Maksimalkan Kelancaran Distribusi Logistik dan Keamanan, Sekda Jabar, Iwa Karniwa, Pemilu 2019,

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa menggelar video conference dengan para kepala daerah di Jabar guna memastikan kelancaran penyelenggaraan pemilu di Jabar, Jumat (12/4/2019). (Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa menggelar video conference dengan para kepala daerah di Jabar guna memastikan kelancaran penyelenggaraan pemilu di Jabar, Jumat (12/4/2019). Rapat yang dilangsungkan di ruang desk Pilkada, Gedung Sate tersebut membahas kesiapan logistik, kondusifitas, partisipasi, penggunaan hak pilih dan juga netralitas ASN.

Iwa mengatakan, dalam masa pemilu yang telah memasuki H-5 dan masa kampanye yang tersisa dua hari lagi, pihaknya akan melakukan perhatian khusus terhadap sejumlah hal. Salah satunya adalah perihal distribusi logistik.

AYO BACA : Iwa Karniwa: Pemprov Genjot Kemudahan Usaha di Jabar

Sesuai dengan yang diamanatkan Pasal 341 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri dalam pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara.

Untuk itu, kiranya aparat TNI dan Polri juga perangkat daerah dapat turut bersama-sama melaksanakan amanat undang-undang tersebut. Tak dapat dipungkiri bahwa pendistribusian logistik ini seringkali menimbulkan masalah, ungkap Iwa.

AYO BACA : Iwa Karniwa Minta Bapenda Sisir Potensi Pajak

Selain itu, pihaknya juga telah mengantisipasi sejumlah kemungkinan kecurangan hingga force majeur seperti kondisi banjir yang dapat menghambat kelancaran pemilu. Satpol PP dan petugas Linmas pun telah diperintahkan untuk turut mengamankan pemilu.

Hal tersebut dilakukan salah satunya karena indeks kerawanan pemilu (IKP) Jabar 2019 berada pada angka yang termasuk kategori rawan sedang, yakni 47,27%.

Artinya potensi kerawanan cenderung mudah terjadi dan perlu mendapatkan perhatian serta antisipasi. Untuk itu perlu ada perhatian khusus dari rekan-rekan Bakesbangpol dengan didukung oleh TNI dan Polri, agar potensi-potensi kerawanan dapat diredam sedemikian rupa. jelasnya.

Tak lupa Iwa juga menghimbau masyarakat yang belum memiliki E-KTP dan penyandanga disabilitas untuk tetap dapat menyalurkan hal pilihnya. ASN pun terus diingatkan agar tetap netral.

AYO BACA : Iwa Karniwa: Tol NS Link Positif Segera Dibangun

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers