web analytics
  

Cegah Bau Mulut dengan Rutin Berkumur Setelah Makan

Jumat, 5 April 2019 13:59 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Cegah Bau Mulut dengan Rutin Berkumur Setelah Makan, cara, mencegah, Cegah, Bau, Mulut, Rutin, Berkumur, Makan,

Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Bau mulut salah satunya disebabkan karena adanya sisa makanan yang terselip di gigi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memulai dengan berkumur setelah makan.

AYO BACA : Agar Terhindar dari Serangan "Bau Naga" di Pagi Hari

"Makanan setelah 2-3 jam lengket. Habis makan berkumur. Analoginya, gigi dan mulut bukan mobil sedan melainkan traktor off roader. Setelah terkena lumpur, lumpur sebelum mengeras harus disemprot menggunakan air," ujar drg. Bambang Nursasongko, SpKG (K) dari IKORGI UI seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/4/2019).

AYO BACA : 8 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Saat berkumur, pastikan tidak ada makanan menempel di gigi. Selain menyebabkan bau mulut, hal ini memicu gigi menguning.

Selain berkumur, menyikat gigi teratur juga penting. Untuk frekuensi menyikat gigi, sebaiknya lakukan dua kali dalam sehari yakni sebelum tidur dan setengah jam setelah sarapan.

"Habis makan mulut menjadi asam. Ibarat garam terkena air bisa hancur. Tunggu setengah jam dulu supaya saliva (air ludah) menetralisir," kata Bambang.

Kemudian, agar gigi tak mudah terkikis, sebaiknya hindari konsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda.

AYO BACA : Sudah Sikat Gigi tapi Tetap Bau? Ini Penyebab dan Solusinya

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers