web analytics
  

Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Slice of Life

Senin, 1 April 2019 12:20 WIB Netizen Netizen
Netizen, Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Slice of Life, Rekomendasi, Webtoon, Indonesia, Genre, Slice of Life, My Kitty and Old Dog, Smile Brush, Smile Brush: My Old Picture, Lazy Cooking, Serba Salah

Potongan adegan dari Webtoon Smile Brush eposide terakhir atau episode ke-35 karya Waroo. (Istimewa)

Genre romantis akan sangat pas jika dibahas paling akhir karena genre ini adalah genre yang paling populer di Webtoon Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bahas genre kebalikannya. Genre yang tidak terlalu populer, yaitu Slice of Life.

Genre ini sebenarnya punya penggemar tapi jelas tidak sebanyak genre lainnya. Mungkin karena masih tidak terlalu banyak pilihan, apalagi dari Webtoon Indonesia sendiri. Harapannya semoga lebih banyak para kreator dari Indonesia yang membuat genre Slice of Life dan Horor. Semata-mata hanya untuk memperbanyak pilihan dan menyeimbangkan pasar.

Apakah sebenarnya arti genre itu sendiri? Menurut Wikipedia, Slice of Life adalah kutipan atau potongan dari kehidupan sehari-hari seseorang atau karakter fiksi. Istilah ini digunakan dalam literatur, industri hiburan (misalnya anime dan manga), serta iklan dan merepresentasikan situasi sehari-hari.

Mudahnya, Slice of Life menggambarkan masalah kehidupan kita sehari-hari. Jadi, seharusnya genre ini ringan dan mudah dimengerti para pembaca.

Biasanya jalan cerita genre ini memang sederhana tapi sebenarnya sarat akan makna. Kebanyakan episodenya juga tidak bersambung, yaitu satu halaman Webtoon atau cerita baru setiap episode baru.

Berikut adalah rekomendasi top 5 genre Slice of Life:

1. My Kitty and Old Dog

Webtoon karya Cho ini memiliki 1,5 juta pembaca dengan rating 9,75 dan sudah tamat dengan total 213 episode.

Ilustrasinya sangat sederhana tapi benar-benar manis. Ada hewan-hewan lucu yang akan membuat hatimu terenyuh. Kisah anjing pudel tua dengan penglihatan kabur dan anak kucing lucu yang selalu menanti perhatian dan rasa sayang dari sang majikan. Hewan-hewan lucu ini akan menyentuh hatimu serta mungkin membuatmu menitikkan air mata.

Ceritanya sebenarnya simpel tapi yang membuat Webtoon ini berbeda karena yang bercerita adalah si kucing dan si anjing.

Webtoon ini mengambil sudut pandang hewan peliharaan, yakni apa dan bagaimana yang mereka rasakan terhadap majikannya. Webtoon ini memiliki makna yang dalam dan pesannya sangat bagus.

Contohnya, bagaimana perasaan kesepian si kucing saat ditinggal majikannya kerja atau si anjing yang kadang ingin sekali dimanja dan diperhatikan. Anda pasti akan menangis setiap membaca episodenya.

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Komedi

2. Smile Brush

Webtoon ini mempunyai ilustrasi yang mirip dengan My Kitty and Old Dog. Sederhana tapi sangat manis.

Webtoon ini ceritanya juga benar-benar ringan. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari anak laki-laki berambut panjang yang bernama Waroo.

Ia suka berpetualang, imut, dan ceria. Dalam Webtoon ini, tidak ada pesan yang terang-terangan ingin diberitahukan. Semuanya hanya tersirat.

Membaca Webtoon ini seperti menonton kartun. Jika Anda hanya ingin menikmatinya, ceritanya jelas menghibur. Namun, jika Anda melihat lebih dalam, selalu ada pesan yang ingin disampaikan. Semuanya tergantung bagaimana Anda ingin membacanya.

Webtoon ini sudah tamat dengan total 36 episode. Pembacanya pun termasuk sedikit yaitu 513.000 dengan rating 9,56. Walaupun demikin, Webtoon ini sangat bagus tapi juga sangat underrated.

3. Smile Brush: My Old Picture

Banyak sekali pembaca yang sedih karena Smile Brush harus tamat. Para pembaca mengharapkan author Waroo tetap melanjutkan karyanya tersebut.

Akhirnya, Waroo kembali lagi dengan membawa kenangan hangat. Ia membawa kita kembali pada masa lalunya saat ia melihat album lamanya.

Masih sederhana dan ringan tapi kali ini lebih banyak membawa pesan. Kita akan diajak bernostalgia dan melihat bagaimana dulu saat rambut Waroo masih pendek. Mantan-mantan pacarnya, keluarganya, dan kenangan masa sekolahnya.

Webtoon ini mengalami peningkatan yang lumayan yaitu dengan jumlah 715 juta pembaca dengan rating 9,74. Namun, Webtoon ini masih terhitung singkat, tamat di episode ke-55.

4. Lazy Cooking

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Fantasi

Webtoon ini bercerita seorang mahasiswi yang bernama Tangkwa. Seperti para pelajar umumnya yang belum punya penghasilan sendiri, Tangkwa harus berhemat.

Dia suka sekali makan tapi karena dia anak indekos, akhirnya harus memasak sendiri. Di Webtoon ini Tangkwa membagikan resep makanan yang simpel murah dan enak!

Karena Webtoon ini berasal dari Thailand, jangan kaget ya jika bahan-bahan yang menurut Tangkwa murah di sini malah mahal dan kadang bahannya sulit ditemukan.

Kalau ingin meniru resep Tangkwa, kita tinggal mengimprovisasi bahan-bahan yang mahal itu dengan bahan yang ada sesuai selera. Menariknya, Webtoon ini memuat ilustrasi yang lucu serta potongan-potongan gambar asli saat Tangkwa sedang memasak. Kalau mau diikuti, step-stepnya mudah dan dijelaskan dengan sangat detail.

Kisah ini cocok sekali untuk orang-orang yang baru mau belajar masak. Webtoon ini pun belum tamat dan sedang dalam masa hiatus.

Webtoon karya author Sibbil ini memiliki rating 9,66 dengan pembaca sebanyak 3,9 juta. Saat ini sudah terbit total 121 episode dan bisa dibaca setiap hari Jumat.

5. Serba Salah

Webtoon ini adalah salah satu yang sudah terbit sejak lama. Sudah terbit sebanyak 305 episode sampai saat ini.

Bercerita tentang gadis berambut pendek bernama Sipit yang selalu serba salah dalam hidupnya.

Cerita-cerita Sipit sangat sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Author-nya Jennie Liandra mempunyai ciri khas gambar yang sangat berbeda dari yang lainnya.

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, kolom komentar dari Webtoon ini selalu berisi hinaan. Dibilang tidak layak menjadi Webtoon ofisial, gambarnya jelek, dan ceritanya enggak jelas.

Hebatnya, sang author tidak mempedulikannya dan tetap menggambar seperti apa adanya. Buktinya, sekarang Serba Salah mempunyai 5,3 juta pembaca dengan rating 8,36!

Sipit masih akan terus mewarnai hari-hari kamu karena Webtoon ini masih on going dan terbit setiap hari Jumat!

Kaija Sekar Sabitah

Blogger, Pembaca Webtoon

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Drama

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

terbaru

Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 14:23 WIB

Tahlil berasal dari kata hallala-yuhallilu, yang artinya membaca kalimat "laailaaha illallah".

Netizen, Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis, Tradisi Tahlilan,Tradisi,Tahlilan,Nahdhatul Ulama

Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 13:12 WIB

Hadir satu kali dalam setiap tahun, kedatangan bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat Muslim.

Netizen, Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z, Ramadan,Muslim,generasi z

Menikah Bukan Kompetisi Ibadah

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 11:42 WIB

Menikah merupakan ibadah terlama yang akan dijalan oleh dua insan. Jadi, persiapkan dengan baik.

Netizen, Menikah Bukan Kompetisi Ibadah, Menikah,Islam,Anjuran Menikah,Menikah menurut empat ulama mazhab,Alasan Utama Menikah,Ibadah

Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak

Netizen Senin, 19 April 2021 | 19:02 WIB

Direktorat Jenderal Pajak telah menetapkan Badan/Lembaga sebagai penerima zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya w...

Netizen, Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak, Ditjen Pajak,Lembaga Penerima Zakat,Badan Penerima Zakat,Penitipan Zakat

Menakar Geliat Ekonomi di Bulan Ramadan 2021

Netizen Senin, 19 April 2021 | 11:32 WIB

Pandemi Covid-19 sudah setahun lebih membayang banyangi kehidupan kita

Netizen, Menakar Geliat Ekonomi di Bulan Ramadan 2021, Ekonomi,COVID-19,BPS

Bapak Ideologi Muhammadiyah Itu Menjadikan Puasa sebagai 'Kanopi Diri'

Netizen Minggu, 18 April 2021 | 19:10 WIB

Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Umum PP. Muhammadiyah, adalah kader otentik Muhammadiyah yang tidak ada irisa...

Netizen, Bapak Ideologi Muhammadiyah Itu Menjadikan Puasa sebagai 'Kanopi Diri', Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si.,Bapak Ideologi Muhammadiyah,Muhammadiyah

Merenungi Hikmah Puasa Ramadan

Netizen Jumat, 16 April 2021 | 10:35 WIB

Puasa akan melahirkan rasa cinta, kasih sayang, dan kelembutan kepada orang miskin.

Netizen, Merenungi Hikmah Puasa Ramadan, Puasa,Ramadan,Salat Tarawih,Hikmah Puasa,Merenungi Hikmah Puasa,puasa ramadan

Mengubah Peringatan Waspada Menjadi Rencana Tindakan

Netizen Jumat, 16 April 2021 | 09:16 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu, 14 April 2021 sudah mengingatkan kepada masyarakat untuk...

Netizen, Mengubah Peringatan Waspada Menjadi Rencana Tindakan, BMKG,Cuaca ekstrem,cekungan bandung,Bencana Alam

artikel terkait

dewanpers