web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bawaslu Kabupaten Bandung Tunggu Pemantau Independen Persiapkan Diri

Minggu, 31 Maret 2019 15:20 WIB Mildan Abdalloh

SOREANG, AYOBANDUNG.COM-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung meminta pengawas pemilu independen untuk segera melakukan finalisasi spesifikasi pemantauan yang akan dilakukan.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, sampai saat ini telah ada 21 pemantau pemilu independen yang telah teregistrasi di Bawaslu Kabupaten Bandung.

Pada Sabtu (30/3/2019) pihaknya telah mengumpulkan 21 lembaga tersebut untuk melakukan rapat koordinasi dan menyamakan persepsi pemantauan.

"Diharapkan pada 17 april atau mulai saat ini mereka sudah mulai ikut melakukan pemantauan," tutur Hedi, Minggu (31/3/2019).

Dipaparkan Hedi, masing-masing pemantau independen tersebut mempunyai tugas yang berbeda-beda dalam proses pemantauan, tergantung tahapan dan jenis pemantauan yang dilakukan.

Dia mencontohkan, satu lembaga pemantau bertugas melakukan pemantauan politik uang, sementara pemantau lain bertugas untuk memantau proses pungut hitung dan pemantau lain bertugas melakukan pemantauan kampanye.

"Untuk pemantau di Kabupaten Bandung belum ada spesifikasinya. Mereka harus berhitung dulu kapasitas dan personelnya juga," katanya.

Diharapkan dalam waktu dekat, 21 pemantau yang telah teregistrasi di Bawaslu Kabupaten Bandung sudah mempunyai spesifikasi pemantauan masing-masing.

"Pekan depan rencananya akan rakor lagi, mudah-mudahan sudah ada finalisasi. Atau dalam waktu dekat ini jika mereka sudah menentukan spesifikasi yang akan diambil, bisa langsung melakukan pemantauan," katanya.
 

Tag
Editor: Andres Fatubun
dewanpers