web analytics
  

Nilai Investasi IKEA Bandung Mencapai Rp1,4 Triliun

Jumat, 29 Maret 2019 07:13 WIB Fira Nursyabani
Umum - Regional, Nilai Investasi IKEA Bandung Mencapai Rp1,4 Triliun, groundbreaking IKEA, IKEA Bandung

IKEA Indonesia meresmikan pembangunan Toko IKEA Bandung di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/2019). (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM --  Nilai investasi IKEA Bandung yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada Kamis (28/3/2019) di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, mencapai  Rp1,4 triliun. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall.

"Investasinya sekitar 1 juta dolar AS (setara Rp1,4 triliun) dan IKEA Bandung ini dibangun di atas lahan 4,4 hekatre," kata LIndvall.

Dia mengatakan pembangunan IKEA di kawasan tersebut bukan hanya menghadirkan sebuah toko furnitur, tetapi ia ingin kehadiran IKEA Bandung ini bisa berdampak positif bagi warga sekitar.

"Jadi kami ingin bisnis berkelanjutan yang membawa manfaat buat Bandung dan masyarakat sekitar," jelasnya.

AYO BACA : Emil Minta IKEA Rangkul UMKM Jabar

Dia mengatakan IKEA Bandung diproyeksikan mampu menyerap tenaga kerja di sekitar lokasi pembangunan sebanyak 400 orang pekerja. "Untuk mendukung pembangunan IKEA Bandung ini kami akan ada peluang kerja sekitar 400 orang lowongan kerja. Ini bisa menampung tenaga kerja di Kabupaten Bandung Barat," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hadir pada acara groundbreaking IKEA Bandung menambahkan, alasan IKEA Bandung hadir di Kota Baru Parahyangan karena loaksi tersebut sangat strategis.

"Di sini itu lokasinya strategis, dekat pintu tol, jadi orang dari daerah lainnya di Jabar yang mau ke IKEA tinggal masuk tol lalu tinggal keluar Tol Padalarang saja," kata dia.

AYO BACA : Ridwan Kamil: Saya Titipkan Bambu Jadi Produk IKEA

Hari ini, IKEA Indonesia, toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia, mengadakan acara peresmian pembangunan toko IKEA Bandung. Toko ini merupakan toko pertama IKEA di luar Jakarta.

Acara peresmian dibuka oleh Lindvall, dan dihadiri Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Swedia Yang Mulia Marina Berg, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

LIndvall mengatakan Toko IKEA Bandung dibangun di atas lahan seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35.000 meter persegi (atau hampir 3 kali luas Alun-Alun Bandung). IKEA menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kedutaan Besar Kerajaan Swedia dan seluruh pihak yang terlibat serta khususnya masyarakat Bandung atas dukungan dan penerimaannya terkait pembangunan toko IKEA di Bandung.

AYO BACA : IKEA Bandung Resmi Dibangun di Kota Baru Parahyangan

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers