web analytics
  

Iwa Karniwa Dorong Industri Kreatif Tangkap Peluang Pasar

Sabtu, 23 Maret 2019 13:21 WIB Nur Khansa Ranawati

Sekda Jabar Iwa Karniwa dalam Pelantikan Badan Pengurus Daerah Sahabat UMKM Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu (23/3/2019).(Khansa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Jawa Barat saat ini tercatat sebagai daerah penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional terbesar sebesar 14,33% pada 2017. 

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan kondisi tersebut cukup membanggakan mengingat Jabar hanya menggunakan 9% dari APBD dan APBN guna melangsungkan pembangunan dan visi misi provinsi.

Untuk itu, Iwa mengajak anak muda Jabar yang tergabung dalam komunitas Sahabat umkm regional Jabar untuk dapat kreatif dalam mengembangkan usaha masing-masing. Pasalnya, umkm juga memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi Jabar.

"Saya menginformasikan pada teman-teman bahwa umkm juga banyak kontribusi nantinya, oleh karena itu mengingat APBN dan APBD kita hanya 9% kita harus out of the box," jelas Iwa dalam Pelantikan Badan Pengurus Daerah Sahabat umkm Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu (23/3/2019).

Dia juga berharap umkm di Jabar dapat menggalakkan ekspor. Hal tersebut Salah satunya guna meningkatkan devisa negara.

"Kami sangat mendorong umkm untuk dapat ekspor dan meningkatkan devisa," jelasnya.

Iwa mengatakan, saat ini kran investasi perusahaan dalam dan luar negeri untuk membantu mewujudkan pembangunan dan visi misi Jabar tengah terbuka lebar. Untuk itu, Iwa berharap umkm Jabar dapat membaca peluang-peluang tersebut dengan cermat.

"Diharapkan teman-teman umkm bisa menangkap peluang agar lebih maku. umkm harus jadi motor, tentukan akan berkiprah ke mana karena investasi akan semakin masif," jelasnya. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers