web analytics
  

Kisah Kylie Jenner Bisa Menjadi Pengusaha Sukses dan Miliarder Termuda

Rabu, 20 Maret 2019 12:18 WIB Andres Fatubun
Umum - Artis, Kisah Kylie Jenner Bisa Menjadi Pengusaha Sukses dan Miliarder Termuda, Kylie Jenner, Pengusaha Sukses,

Kylie Jenner. (Reuters)

LENGKONG, AYOBANDUNG - Kylie Jenner masih berusia 21 tahun, namun dia telah resmi menjadi orang kaya termuda versi majalah Forbes.

Ia sukses karena memiliki penghasilannya sendiri.

Anggota termuda dari klan Kardashian-Jenner ini memulai usahanya dengan menjual lip kit dengan seharga USD 29. Penjualan produk kecantikan tersebut sangat sukses di pasaran hingga menghasilkan jutaan dolar. Tak heran jika Kylie Cosmetics kini menjadi usaha produk kecantikannya yang stabil.

Pada tahun 2018, pendapatan dari penjualan produk Kylie Cosmetics telah mencapai USD 360 juta. Forbes memperkirakan bahwa seluruh penghasilan perusahaan tersebut telah mencapai USD 900 juta dan Kylie Jenner berhak sepenuhnya. Ditambah dengan penghasilan yang ia dapatkan dari bisnis kosmetiknya, hal tersebut menambah kekayaan pribadinya hingga mencapai USD 1 miliar.

Apa kunci dari kesuksesan bisnisnya? Pemberdayaan tenaga kerja yang efisien!

Kylie Cosmetics menyediakan layanan berupa manufaktur, pengemasan, pengiriman, pengadaan barang dan hanya mempekerjakan tujuh karyawan tetap dan lima karyawan paruh waktu. Produk Kylie Cosmetics yang tadinya hanya dijual secara online (dengan pengecualian beberapa toko kecil) sekarang juga dijual di Ulta Beauty Store, sebuah ekspansi yang berkonstribusi pada perkembangan penjualan produk Kylie Cosmetics sebesar 9% dari tahun 2017 hingga 2018.

Sebelum Kylie Jenner muncul di sampul majalah Forbes, terkenal sebagai pengusaha produk kecantikan dengan bentuk bibirnya yang khas, hingga membuat tagar #KylieJennerlipChallenge viral.

Dia pertama kali muncul di musim perdana Keeping Up with the Kardashian ketika masih berumur sepuluh tahun. Sejak itu, serial televisi tersebut semakin melejit hingga populer sampai sekarang.

Pada tahun 2015, keluarga Kardashian menandatangani kontrak senilai US$80 juta dengan E! untuk penyiaran selama tiga tahun sampai musim 14. Kemudian pada tahun 2017, mereka memperpanjang kontrak di bawah US$100 juta sampai tahun 2020.

Menurut Kris Jenner yang mendapatkan jatah 10% dari semua transaksi bisnis putrinya, keluarganya membagi duitnya secara merata. Walaupun Kylie Jenner saat ini tidak sesering saudara-saudaranya tampil di serial Keeping Up With The Kardashians, dia telah memiliki daya tarik sendiri sehingga memiliki serialnya sendiri yang berjudul Life of Kylie yang ditayangkan di E! pada tahun 2017.

Namun, acara Keeping Up With The Kardashians bukanlah sumber penghasilan terbesarnya - atau bahkan kedua terbesarnya. Bukan rahasia lagi bahwa Kylie Jenner sangat mengenal #sponcon. Tahun lalu, ia menduduki puncak Hopper's Instagram Rich List - melampaui Selena Gomez, Beyoncé, dan bahkan saudara perempuannya, Kim Kardashian. Rupanya, Kylie Jenner menghasilkan lebih dari US$1 juta untuk setiap post di Instagram. Dengan 128 juta pengikut, tentu pengaruhnya di Instagram tidak dapat disangkal.

Bersama dengan saudara perempuannya, Kylie Jenner juga merilis lini pakaian yang bernama Kendall + Kylie. Dia telah berkolaborasi dengan OPI, Steve Madden, Puma, dan banyak lagi. Selain itu, Kylie Jenner telah meluncurkan situs web kontennya sendiri, aplikasi, dan toko merchandise bernama The Kylie Shop. (Alya Nurdina Nareswari)

Editor: Andres Fatubun
dewanpers