web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bawaslu Kabupaten Bandung Tertibkan Bilboard Caleg

Senin, 18 Maret 2019 14:11 WIB Mildan Abdalloh

Petugas Satpol PP menertibkan alat peraga kampanye. (Irfan Al-Faritsi/ayobandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung menertibkan bilboard dan baliho Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang melanggar aturan.

Koordinator Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardia mengatakan sejak Sabtu (16/3/2019) pihaknya melakukan penertiban terhadap bilboard dan baliho caleg di Kabupaten Bandung.

"Hasil diskusi internal dan pihak terkait (bilboard atau reklame caleg) harus ditertibkan. Makanya sejak sabtu kami melakukan penertiban, dimulai dari Soreang. Hari ini di Margahayu, besok di Dapil 3," tutur Hedi, Senin (18/3/2019).

Penertiban akan dilakukan sampai tidak ada reklame caleg yang terpasang. Sementara untuk spanduk caleg, akan dibiarkan sampai masa tenang.

Hedi menerangkan, dalam mekanisme pemasangan reklame atau bilboard kampanye, hanya diperuntukan bagi yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), itu juga hanya untuk peserta pemilu tingkat pusat, atau DPP Partai politik.

"Selain itu tidak bisa. Kalau yang mandiri, bisa-bisa saja, tapu harus memperhatikan juga unsur keadilan," katanya.

Dipaparkannya, unsur keadilan yang dimaksud adalah semua peserta pemilu seperti caleg, harus memiliki kesempatan mensosialisasikan atau berkampanye yang sama.

"Kalau di monopoli oleh caleg tertentu, tentu kurang baik. Di lapangan, hal tersebut terjadi," tutupnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers