web analytics
  

Hewan Ini Miliki 4 Penis dan 414 Kaki

Senin, 11 Maret 2019 11:44 WIB M. Naufal Hafizh

Illacme Tobini. (National Geographic)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COMMungkin sebagian besar dari kita hanya tahu bahwa hewan berkaki banyak adalah kaki seribu atau atau milipede. Namun, masih ada hewan yang memiliki kaki banyak yakni 414 kaki dan empat kelamin.

Melansir dari National Geographic, Senin (11/3/2019) spesies ini ditemukan beberapa tahun lalu di gua marmer gelap yang belum pernah dijelajahi di Sequoia National Park, California, Amerika Serikat. Milipede unik ini juga memiliki 200 kelenjar racun.

Jean Krejca, ahli biologi gua dari Zara Environmental LLC, sekaligus yang menemukan hewan tersebut menyerahkan temuannya ke diplopodolog yakni ilmuwan yang khusus mempelajari milipede, Bill Shear dan Paul Marek, untuk diidentifikasi.

Kedua ilmuwan ini kemudian mengenali spesies tersebut sebagai “sepupu evolusioner” dari hewan dengan kaki terbanyak di Bumi, milipede Illacme plenipes, yang memiliki 750 kaki.

AYO BACA : Gambar Penis Berukuran Jumbo Terekam Google Maps

Spesies ini kemudian diberi nama Illacme tobini—merujuk pada nama ahli biologi gua, Ben Tobin dari National Park Service yang menginisiasi proyek penelitian ini.

“Saya tidak pernah menyangka bahwa spesies berkaki paling banyak kedua di planet ini akan ditemukan di dalam sebuah gua berjarak 241 kilometer,” ujar Marek, asisten profesor Departemen Entomologi Virginia Tech.

Empat penis yang ditemukan pada I. tobini sebenarnya hasil modifikasi dari kaki-kakinya.

Pasangan kaki kesembilan dan kesepuluh menjadi gonopod, yang memiliki fungsi sama dengan penis, menyemburkan sperma ke betina.

AYO BACA : Manfaat Memelihara Hewan bagi Kesehatan

Karena yang ditemukan hanya spesimen jantan, para peneliti tidak mengetahui bagaimana rupa spesies I. tobini betina.

Spesies Illacme kedua ini ditemukan 90 tahun setelah penemuan spesies pertama pada tahun 1928.

Kedua spesies merupakan keluarga besar Siphonorhinidae, kelompok rahasia yang hanya terdiri atas 12 spesies yang dikenal. 

Illacme merupakan satu-satunya wakil Amerika Utara dalam kelompok ini, tetapi anggota keluarga mereka ada yang berasal dari Vietnam, Afrika Selatan, India, Indonesia, dan Madagaskar.

Peneliti menduga, awalnya keluarga ini mungkin menyebar ke lokasi-lokasi berbeda di superbenua kuno, Pangea, sebelum akhirnya benar-benar terpisah karena daratan raksasa itu terpecah belah 200 juta tahun lalu.

AYO BACA : Kenali Penyebab 6 Rasa Sakit Umum pada Mr P

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers