web analytics
  

Ayo, Gunakan Emosi Kamu untuk Menulis!

Sabtu, 9 Maret 2019 19:47 WIB Netizen Netizen
Netizen, Ayo, Gunakan Emosi Kamu untuk Menulis!, Menulis,emosi,hobi

Ilustrasi menulis (Pixabay)

Dewasa ini kegiatan menulis menjadi kegiatan yang terdengar membosankan dan membuat orang membuang nafas saat mendengarnya. Banyak orang kesulitan saat akan memulai suatu tulisan, entah memulai topiknya atau membuat kata pembukanya. 

Namun menulis bisa jadi kegiatan yang mudah apabila kita memiliki trik tersendiri. Misalnya dengan memanfaatkan emosi kita atau memanfaatkan suasana yang sedang dirasakan. 

Karena dengan memanfaatkan hal tersebut dapat menimbulkan ide dan memainkan imajinasi kita, sehingga akan muncul sesuatu yang dapat memudahkan kita dalam menulis. Berikut ini trik yang bisa kamu lakukan untuk memulai menulis.  

Trik pertama yang dapat dilakukan untuk mendorong minat menulis adalah dengan mengolah emosi. Saat keadaan hati sedang merasakan senang atau sedih, biasanya akan muncul sebuah ide atau imajinasi dari diri kita. 

Misalnya saat keadaan kita sedang senang, imajinasi yang muncul adalah hal-hal yang indah. Seperti berlari di pantai, menikmati daun berguguran atau bercengkrama dengan orang tersayang. 

Selanjutnya apabila dalam keadaan sedih maka ide yang muncul adalah hal-hal sedih dan mendayu. Keadaan tersebut dapat kita tuangkan ke dalam berbagai bentuk tulisan, baik seperti puisi, cerita, bahkan postingan di media sosial. 

Suasana juga dapat memengaruhi gaya bahasa yang digunakan, seperti saat suasana sedih gaya bahasa yang digunakan pun akan lebih puitis dan mendayu. Namun bagi yang belum terbiasa menulis, tak perlu merasa minder karena tidak menggunakan gaya bahasa bak di novel. Gunakanlah kata-kata sendiri, sehingga akan memunculkan gaya menulis yang menjadi ciri khas tersendiri. 

Trik kedua yang dapat digunakan untuk mendorong minat menulis adalah dengan menafsirkan suasana sekitar kedalam bentuk tulisan. 

Misalnya apabila di luar sedang hujan lalu kita meresapi suasana hujan tersebut, biasanya kita akan merasa sedang berada dalam keadaan yang tergambar dalam sebuah novel atau film yang sudah pernah dilihat. Suasana tersebut dapat kita tuangkan ke dalam sebuah cerita. Atau keadaan saat kita melihat keindahan alam, imajinasi akan mulai bermain dan dalam otak pun muncul kata-kata yang dapat dituliskan. 

Perlu diingat, apabila kita sudah mendapat kata-kata yang bagus untuk dituangkan ke dalam tulisan, segeralah di catat. Sebab apabila tidak dicatat, kita seringkali lupa dengan apa yang sudah muncul, padahal kata-kata yang telah keluar sangatlah bagus.

Mengapa suasana dan emosi dirasa perlu untuk diolah lalu dituangkan ke dalam tulisan? Karena saat kita menulis dengan memainkan suasana dan emosi, maka tulisan yang dibuat pun akan memiliki rasa sehingga pembaca pun akan menikmati tulisan yang dibuat. 

Namun jangan salah menempatkan emosi, apabila kita sedang dalam keadaan marah atau sedih jangan memaksa untuk menulis tulisan yang menyenangkan karena mood nya tidak sesuai dengan ide yang akan dituliskan. 

Dalam menulis, jangan ragu untuk menuangkan semua ide yang kita miliki. Anggap saja sama seperti menulis diary namun dengan berbagai bentuk tulisan. Saat sudah terbiasa, menulis pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bahkan membuat candu kepada orang yang melakukannya. Selamat mencoba!

Fantria Ayuning Dwinita Ramdhani

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

artikel terkait

dewanpers