web analytics
  

Ridwan Kamil Terbang ke Maroko dan Aljazair, Incar Investasi Timur Tengah

Kamis, 7 Maret 2019 12:33 WIB Nur Khansa Ranawati

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Istimewa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah berkunjung ke dua negara Timur Tengah, Aljazair dan Maroko. Emil, sapaan akrabnya, mengatakan dirinya akan berada di sana selama sepekan. 

Dalam kunjungan tersebut ada enam agenda yang akan dikerjakan. Salah satunya penandatanganan kerja sama sister provinces dengan provinsi yang ada di Maroko dan Aljazair.

AYO BACA : Ridwan Kamil Diminta Bangun Alun-alun Soekarno di Aljazair

"Agenda pertama adalah dua sister province di Maroko dan Aljazair yang harus saya tandatangan MoU-nya," jelas Emil ketika ditemui di Gedung Sate, Rabu (7/3/2019).

Kerja sama tersebut, kata Emil, dilalukan dalam rangka membuka keran investasi dari negara-negara di Timur Tengah bagi Jawa Barat. Hal ini karena selama ini geopolitik Jabar masih didominasi oleh negara-negara Asia Timur.

AYO BACA : Ridwan Kamil Lantik 14 Pejabat Pemprov Jabar Pemenang Lelang

"Saya ingin investasi di Jabar tidak hanya didominasi oleh Asia Timur seperti Singapura, Jepang, dan Tiongkok. Kami ingin investasi di Jabar juga banyak dari negara-negara muslim dan negara-negara Timur Tengah," jelasnya.

Emil mengatakan, dia yang selama beberapa bulan belakangan kerap mengunggah cerita dirinya belajar berbahasa Arab, kini memiliki kesempatan untuk mempraktikkannya.

"Mangkannya saya belajar Bahasa Arab lagi, sudah tiga bulan. Besok dipraktikkan," ungkapnya.

Selain itu, Emil juga akan mempromosikan wilayah industri baru Jabar yang akan dibangun, yakni kawasan Segitiga Rebana—mencakup wilayah Cirebon-Patimban-Kertajati—untuk mengundang investasi.

Kami sedang mempromosikan Segitiga Rebana agar investasinya datang dari Timur Tengah,  karena mesin Jabar ini tidak mungkin ngabret tanpa investasi," pungkasnya.

AYO BACA : Goresan Karya Ridwan Kamil di Tanah Minang

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers