web analytics
  

Siapa Wanita Disamping Kim Jong-un?

Rabu, 27 Februari 2019 17:42 WIB Netizen Netizen
Netizen, Siapa Wanita Disamping Kim Jong-un?, Kim Jong-un, Ri Sol-ju, Kim Yo-jong, wanita kim jong un,

Kom Jong-Un dan Ri Sol-Ju. (Heavy)

Ada dua wanita yang selalu mendampingi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yakni Ri Sol-ju dan Kim Yo-jong. Ri diperkirakan umurnya tak lebih dari 33 tahun. Penampilannya seperti wanita Barat berbusana two pieces dengan warna-warna lembut seperti karya desainer Prancis Coco Chanel. Istri Kim Jong Un ini disebut-sebut pernah menjadi penyanyi.

Siapa Kim Yo-jong?

Yo-jong merupakan saudara perempuan Jong-un dari pasangan Kim Jong-il dan Ko Yong-hui, yang lahir pada 26 September 1988. Keduanya tampak rukun dan saling membantu.

Sebuah kamera stasiun televisi secara diam-diam merekam bagian dari perjalanan kereta Jong-un dari Pyongyang ke kota Dong Dang, provinsi Lang Song, Vietnam. Jong-un ke luar dari kereta mengambil sebatang rokok dan menyalakannya dengan sebatang korek api. Batang korek api itu dimasukkan kembali ke kotaknya. Jong–un tampak mengisap rokok dalam-dalam dan berbincang dengan seseorang.

Dalam keremangan malam tampak seorang wanita membawa asbak yang tampaknya terbuat dari kaca, dialah Yo-jong. Sikapnya memberi ketenteraman kepada kakaknya.

AYO BACA : Donald Trump Akan Bertemu Kim Jong-un di Vietnam, 27-28 Februari

Telah Dipersiapkan

Bila kita melihat latar belakang mereka berdua, tidak berlebihan bila Kim Jong-il telah mempersiapkan keduanya untuk membawa negaranya ke arah keterbukaan. Jong-un dan Yo-jong disekolahkan Liebefeld Steinhölzli Schule, Bern, Swiss.

Jong-un di sekolah berasrama itu menggunakan nama Pak Un, anak seorang diplomat di Kedubes Korea Utara di Bern. Namun, para guru sekolah selama 1996-2000 tidak melihat orang tua mereka datang menghadiri aktivitas di sekolah.

Jong-un diketahui senang berolahraga basket dan mengagumi pebasket Chicago Bull, Dennis Rodman. Namun, berat badannya semasa sekolah itu sempat mencapai 45 kilogram. Terkait makanan, Jong-un seng makan keju emmetal yang agak keras dan tak suka dengan spageti dingin.

Kalau kebiasaan Jong-un sedikit terungkap, tak begitu dengan Yo-jong . Hanya saja sekembalinya ke Pyongyang, Yo kuliah di Universitas Militer Kim Il-sung dan antara lain untuk belajar ilmu komputer. Sementara itu, hobinya tidak diketahui, namun tak mungkin dia suka karedok.

AYO BACA : Hadiri KTT dengan Trump, Mengapa Kim Jong-un Pilih Gunakan Kereta?

Yo-jong mulai tampil ke publik sembilan tahun lalu dan kini menjabat anggota pengganti pada Biro Politik, serta Direktur Departemen Propaganda dan Agitasi Partai Pekerja Korea. Posisi yang membawanya dekat dengan kegiatan akangnya.

Yo-jong disebut berperan mendorong perubahan dari akangnya yang bertipe seperti Kim Il-sung, kakeknya. Ini membuat Jong-un lebih terbuka kepada khalayak di dalam dan luar negeri, seperti mengundang Dennis Rodman.

Dia juga berperan seperti pejabat hubungan masyarakat dan tampak menghadiri upacara pembukaan musim dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, Februari tahun lalu. Sebaliknya Yo-jong berperan mengorganisasi berbagai kegiatan besar di Korea Utara.

Bila dalam KTT pertama di Singapura, pada 12 Juni lalu, Jong-un ikut serta dalam perundingan dan pada acara pertukaran dokumen, maka pada KTT kali ini ia pun mendampingi kakaknya serta Kim Yong-chol, bekas kepala intelijen, yang kini menjadi penasihat pemimpin Korea Utara berhadapan dengan Donald Trump, Menlu Mike Pompeo, dan pejabat Kepala Staf Kepresidenan Mick Mulvaney.

Bila melihat keterpaduan di atas, maka tak lain merupakan realisasi pandangan ke depan ayah mereka Kim Jong-il, yang mampu mendeteksi kemampuan keduanya dalam membuka keran keterbukaan.

Padahal Jong-il dalam pernikahannya dengan Ko Young-hee memiliki tiga anak Jong-un, Kim Jong- chul dan Kim Yo-jong, sedangkan dalam perkawinannya dengan Kim Young-sok mereka mempunyai anak yakni Kim Sol-song.

Dari Song Hye-rim, Jong- Il mempunyai anak laki-laki Kim Jong-nam yang diracun dengan racun syaraf VX hingga tewas oleh agen-agen rahasia Korea Utara di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, 17 Februari 2017.

Farid Khalidi

AYO BACA : Kim Jong-un Palsu Diusir dari Vietnam

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

terbaru

Bukan Jalan Belakang Factory

Netizen Kamis, 21 Januari 2021 | 11:41 WIB

Secara resmi, nama Jl Belakang Factory belum ditulis dalam buku Perubahan Nama Djalan-djalan di Bandung yang diterbitkan...

Netizen, Bukan Jalan Belakang Factory, Jl Belakang Factory,Sejarah Jl Belakang Factory.,Sejarah Jl Belakang Factory Kota Bandung,Sejarah Kota Bandung,T Bachtiar,Perubahan nama jalan di Bandung,Nama Jalan di Bandung Baheula

Jalan Veteran Bandung, Surganya Pesepeda

Netizen Rabu, 20 Januari 2021 | 15:21 WIB

Jalan Veteran Kota Bandung yang menyediakan berbagai macam sepeda dan segala perlengkapan pendukungnya.

Netizen, Jalan Veteran Bandung, Surganya Pesepeda, Jalan Veteran Bandung,Kawasan toko sepeda Jalan Veteran Bandung,Komunitas sepeda Jalan Veteran Bandung,toko sepeda di Bandung,Onderdil sepeda di Bandung

Uang Jajan, Wajibkah untuk Anak?

Netizen Selasa, 19 Januari 2021 | 12:47 WIB

Pemberian uang yang tidak terkonsep ini atau dapat dikatakan diberikan secara cuma-cuma, justru akan memberikan dampak y...

Netizen, Uang Jajan, Wajibkah untuk Anak?, Uang jajan dan dampaknya,Uang jajan,Makna uang jajan untuk anak,uang jajan sebagai imbalan,uang jajan sebagai hadiah,uang jajan sebagai kewajiban

Memperbaiki Toilet, Terobosan Baru di Sektor Pariwisata

Netizen Senin, 18 Januari 2021 | 09:59 WIB

Di kompleks situs prajurit Terakota,  di Xian, China terdapat satu bangunan permanen yang berwarna keabu-abuan.

Netizen, Memperbaiki Toilet, Terobosan Baru di Sektor Pariwisata, Toilet,pariwisata,sumber pendapatan

Asep, Euis, Ujang, Neneng Tetap Nama yang Keren

Netizen Minggu, 17 Januari 2021 | 13:31 WIB

Dalam khazanah Kesundaan khususnya warga Kota Bandung ada nama yang mengandung unsur tradisional tetapi memiliki kekhasa...

Netizen, Asep, Euis, Ujang, Neneng Tetap Nama yang Keren, asep,euis,nama sunda,nama khas Bandung,Sunda,Budaya Sunda,Paguyuban Asep Dunia,Kabar Netizen,Ayo Netizen

Jatayu, Kawasan Ekonomi yang tak Pernah Mati

Netizen Minggu, 17 Januari 2021 | 11:55 WIB

Jikalau ada daerah yang dianggap sebagai kawasan ekonomi strategis di Kota Bandung, maka kawasan Jatayu layak dikedepank...

Netizen, Jatayu, Kawasan Ekonomi yang tak Pernah Mati, pasar jatayu,kawasan ekonomi bandung,Berita Bandung,Kabar Netizen,Ayo Netizen,ekonomi Bandung,bisnis bandung

Membangun Komunikasi Efektif di Era Pendidikan Baru

Netizen Jumat, 15 Januari 2021 | 12:11 WIB

Membangun Komunikasi Efektif di Era Pendidikan Baru

Netizen, Membangun Komunikasi Efektif di Era Pendidikan Baru, telekonseling,Guru BK,Pandemi,Pembelajaran Jarak Jauh

Wisata Belanja Pagi di Ciroyom

Netizen Jumat, 15 Januari 2021 | 11:50 WIB

Wisata Belanja Pagi di Ciroyom

Netizen, Wisata Belanja Pagi di Ciroyom, Pasar Ciroyom,Ciroyom

artikel terkait

dewanpers