web analytics
  

Putri Reema, Dubes Perempuan Pertama Saudi untuk AS

Selasa, 26 Februari 2019 11:47 WIB Fira Nursyabani

Tangkapan layar Putri Reema binti Bandar Al Saud dalam sebuah wawancara. (Twitter/@SaudiArabia)

RIYADH, AYOBANDUNG.COM -- Untuk pertama kalinya, Arab Saudi menunjuk seorang perempuan untuk menjadi duta besar (dubes) kerajaan. Pada Sabtu (23/2/2019), Putri Reema binti Bandar Al Saud resmi terpilih sebagai Dubes Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS).

AYO BACA : Televisi Turki Siarkan Dugaan Pembawa Sisa Jenazah Khashoggi

Putri Reema yang merupakan anggota keluarga kerajaan Saudi, sering menyuarakan dukungannya akan hak-hak perempuan di Saudi. Ia telah menjadi bintang politik yang sedang naik daun di negara itu.

AYO BACA : Trump: Arab Saudi Biayai Pembangunan Kembali Suriah

Sang putri akan menggantikan adik Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, di AS. Ia diketahui pernah tinggal di Washington dari 1975 hingga 2005, saat ayahnya, Bandar bin Sultan al Saud, menjabat sebagai duta besar Saudi untuk AS.

Di AS, ia berkuliah di Universitas George Washington. Saat ini Putri Raema telah memiliki dua anak.

Penunjukkan Putri Reema sebagai dubes AS dilakukan saat Arab Saudi tengah dituduh terlibat dalam pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi, tahun lalu. Atas kasus itu, Arab Saudi saat ini diketahui sedang mencoba untuk memperlancar hubungannya dengan AS.

Putri Reema sebelumnya bekerja di Otoritas Olah Raga Umum Saudi untuk mempromosikan hak perempuan dalam bidang olah raga di Saudi. Dia juga bekerja di sektor swasta, yakni sebagai CEO di Harvey Nichols Riyad dan salah satu pendiri Yibreen.

AYO BACA : Pemerintah Harus Desak Saudi Tangguhkan Biometrik

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers