web analytics
  

Ridwan Kamil Bakal Bentuk Posko Pengaduan BPJS

Sabtu, 23 Februari 2019 12:40 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Ridwan Kamil Bakal Bentuk Posko Pengaduan BPJS, tim cepat tanggap Jabar Quick Response, posko pengaduan BPJS Jabar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam acara Temu Pemimpin untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Pakuan, Jumat (22/2/2019) malam. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

AYO BACA : BPJS Kesehatan Jamin Kesehatan Bayi Baru Lahir

AYO BACA : Urun Biaya BPJS Hanya untuk Pelayanan Tertentu

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana membangun posko pengaduan BPJS di sejumlah rumah sakit di Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan menyusul banyaknya aduan yang masuk seputar permasalahan terkait BPJS ke tim cepat tanggap Jabar Quick Response (JQR).

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan laporan soal BPJS mendominasi di tengah aduan lain yang diterima JQR. Hingga saat ini, telah ada sekitar 42 ribu aduan yang diterima.

"Ternyata laporan permohonan bantuan hampir berjumlah 42 ribu, jadi mohon maaf juga apabila responnya tidak secepat yang terlihat, ini menandakan problema masih banyak," jelas Emil ketika ditemui selepas acara Temu Pemimpin untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Pakuan, Jumat (22/2/2019) malam.

Adapun aduan yang diterima JQR, Emil mengatakan, secara umum terbagi dua ke dalam jenis, yakni masalah sistemik dan kasuistik. "Contoh masalah sistemik adalah seperti aduan soal minimnya gaji tenaga honorer, kalau kasuistik seperti tadi aduan yang mengalami tumor dan butuh pertolongan," jelasnya. 

Khusus untuk permasalahan soal BPJS, karena membludak, masyarakat nantinya diharapkan dapat langsung mengadu ke posko BPJS yang akan ditempatkan di berbagai rumah sakit sehingga informasi dapat diterima dengan lebih cepat dan jelas. 

"Solusinya adalah dengan membangun posko pengaduan BPJS di rumah sakit-rumah sakit, jadi kalau ada komplain dan sudah kebingungan, bisa datang ke posko. Semoga itu bisa mengedukasi," kata dia.

AYO BACA : Pemkot Bandung Minta BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers