web analytics
  

Kurang Tidur Bikin Berat Badan Naik

Jumat, 22 Februari 2019 07:23 WIB Anya Dellanita
Gaya Hidup - Sehat, Kurang Tidur Bikin Berat Badan Naik, Kurang Tidur, Berat Badan Naik

Ilustrasi berat badan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Banyak masalah yang disebabkan kurang tidur. Selain rasa lelah sepanjang hari, kurang tidur dikabarkan bisa membuat berat badan naik. Benarkah?

Melansir dari self.com, Rabu, (21/2/2019), kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Akibatnya, berat badan bisa naik gara-gara ingin makan terus.

Ada beberapa hal yang bisa terjadi akibat kurang tidur. Pertama, kadar hormon lapar yang disebut ghrelin meningkat dan kadar hormon kenyang yang disebut leptin menurun. Hal ini akan membuat kamu makan secara berlebihan dan menambah berat badan. Kedua, adalah mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak dalam sehari dan sebagian besar berasal dari makanan berlemak tinggi.

Ketiga, adalah mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan untuk menyediakan lebih banyak energi. Kalau hal ini terjadi terus menerus saat kamu kurang tidur, maka berat badanmu akan naik secara ssignifikan, terutama di malam hari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa peserta yang tidak punya waktu tidur yang cukup selama lima hari, cenderung mengonsumsi karbohidrat lebih banyak, dan mengalami kenaikan berat badan. Inilah pentingnya untuk menjaga waktu tidur yang cukup.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Menurut Kenneth Wright, peneliti dari University of Colorado, Boulder, orang-orang yang mendapatkan waktu tidur yang cukup, lebih besar kemungkinannya untuk mengurangi asupan lemak dan karbohidrat.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers