web analytics
  

Mengenal Flaxseed, Biji Rami dengan Kandungan Omega 3

Rabu, 13 Februari 2019 11:08 WIB A. Dadan Muhanda

Biji Rami/www.instagram.com/naturesgem_id/

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM—  Flaxseed atau biji rami merupakan salah satu sumber gizi makanan tertua yang dikonsumsi oleh manusia. Para ahli gizi menyebutkan jika flaxseed merupakan salah satu super food pertama di dunia yang dibudidayakan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Super food adalah yaitu istilah untuk makanan yang mengandung sumber nutrisi tinggi dan sangat lengkap. Untuk mengenal lebih jauh apa itu flaxseed, ayobandung.com akan memaparkan beberapa fakta mengenai flaxseed yang dirangkum dari buku berjudul Flax, A Health and Nutrition Premier karya Diane H. Morris, PhD terbitan Flax Council of Canada (2014).

Biji rami masuk kategori super food karena merupakan tanaman yang mengandung omega 3, serat makanan, dan nutrisi lainya yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh.

Biji rami atau flaxseed banyak dibudidayakan di Kanada dan Amerika karena wilayah itu yang cocok untuk budidaya flaxseed. Flax atau rami adalah tanaman dari anggota genus Linum dalam keluarga Linaceae.

Biji Flax berbentuk pipih dan oval dengan ujung yang runcing. Biji ini sedikit lebih besar daripada biji wijen dan besarnya sekitar 4-6 mm. Bijinya memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang kekacangan. Warna flax seed berkisar antara coklat tua dan kuning muda. Warna bijinya ditentukan dari jumlah pigment di kulit biji – makin banyak pigment, makin gelap warnanya.

Komposisi

Flax kaya akan lemak, protein, dan serat makanan. Hasil analisa laboratorium menunjukkan bahwa flax coklat mengandung 41% lemak, 20% protein, 28% serat, 7,7% air, dan 3,4% ash, yaitu residu kaya mineral yang tersisa setelah biji dibakar.

 

Asam Lemak

Flaxseed juga mengandung campuran asam lemak. Biji ini kaya akan lemak tak jenuh, khususnya ALA, asam omega 3 essential, dan asam linoleat, asam omega 6 essential. Kedua jenis asam lemak ini dibutuhkan oleh manusia dan didapatkan dari lemak dan minyak pada makanan karena tubuh kita tidak bisa membuatnya. ALA merupakan 57% dari total asam lemak di flax, menjadikannya sebagai sumber ALA tertinggi dalam sebuah diet.

Protein

Asam amino dalam flax serupa dengan amino kedelai, yang dianggap sebagai salah satu protein tanaman yang paling bernutrisi. Tidak ada banyak perbedaan antara dua jenis flax seed yang dibandingkan di tabel, walaupun warna kulitnya berbeda.

Gluten/zat perekat

Flax seed bebas dari zat pelekat. Gluten adalah sebuah protein yang dapat ditemukan di gandum, barley (jelai, sumber karbohidrat pengganti beras), dan gandum hitam. Perantara di gluten yang menyebabkan penyakit celiac (reaksi kekebalan terhadap konsumsi gluten) disebut Gliadin. Untungnya, orang yang sensitif terhadap gluten dapat mengkonsumsi flax seed. Flax seed sangat rendah dalam karbohidrat, yaitu 1 gram per 100 gram.

Serat Makanan

Serat adalah bahan struktural makanan yang dapat ditemukan pada dinding sel tanaman dan memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan. Ada 2 jenis serat makanan yaitu terdiri dari karbohidrat tanaman yang tidak dapat dicerna dan material lainnya yang ditemukan secara utuh dalam tanaman. Flax seed utuh dan yang sudah digiling adalah sumber untuk serat makanan.

Jenis kedua adalah serat fungsional, yaitu terdiri dari karbohidrat tanaman yang tidak dapat dicerna dan material lainnya yang ditemukan dari tanaman dengan cara di ekstrak, dimurnikan, dan ditambahkan ke makanan dan produk lainnya. Getah flax seed yang diekstrak dan ditambahkan ke obat batuk dan obat pencahar termasuk fungsional fiber.

Vitamin dan mineral

Flax seed mengandung sedikit air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak, terdapat di flax seed sebagai gamma tokoferol. Gamma toko adalah antioksidan yang melindungi sel protein dan lemak dari oksidasi; menaikkan sodium; menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko penyakit jantung, beberapa tipe kanker, dan penyakit Alzheimer.

Di Indonesia, biji flax banyak dijual dalam bentuk bulk atau curah, namun sebaiknya membeli yang sudah dikemas dengan baik. Salah satu makanan dengan sumber biji flax yang dikemas secara baik adalah Nature’s Gem Golden Flaxseed yang banyak ditemui di super market,  maupun beberapa toko online.

Editor: A. Dadan Muhanda

artikel lainnya

dewanpers