web analytics
  

Obesitas, Perhatikanlah Apa yang Kamu Makan

Sabtu, 2 Februari 2019 01:08 WIB Fathia Uqimul Haq

(Pixabay.com)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM--Obesitas bukan lagi kejadian yang awam. Kasus ini bahkan sudah lazim di luar negeri akibat makan makanan yang tidak sehat secara berangsur-angsur. Begitu pula di Indonesia. Kasus obesitas kembali ramai diperbincangkan setelah sebelumnya bocah SD Ariya Permana yang berhasil menurunkan berat badan hingga bisa kembali beraktivitas. Namun kali ini, wanita obesitas berbobot 148 kilogram itu bernama Sunarti (39).

Dokter spesialis penyakit dalam, Yana Akhmad Supriatna mengatakan obesitas disebabkan dari jaringan lemak berlebihan di badan, konsumsi yang tidak seimbang, kebiasaan, memiliki bakat gemuk, dan lain-lain. Maka dari itu, setiap orang punya cara masing-masing untuk mengatasinya.

AYO BACA : Sunarti Obesitas Akibat Konsumsi Obat Pereda Nyeri

"Kalau orang yang punya bakat gemuk coba diet seimbang, sudah ada takarannya seimbang konsumsi diet jenis makanannya dan coba beraktivitas. Kelebihan intake dan keluar dari energi kurang jadi orang mudah gendut apalagi udah bakat," katanya, Jumat (1/2/2019).

Orang dikatakan obesitas bisa dilihat dari fisik. Indeks massa tubuh dengan rumusan tertentu juga bisa mendeteksi seseorang di bawah normal, obesitas, atau sangat obesitas. Akibatnya selain fisik yang tidak prima, faktor psikologis juga bisa berpengaruh.

AYO BACA : Obesitas Narti Gara-gara Sering Makan Mi Instan

"Selain makanan, masyarakat hati-hati sama pelangsing dan obat yang tidak dibawah resep dokter," pesannya.

Kondisi pun perlu dijaga sebab apa yang masuk ke dalam mulut harus bisa menjadi energi. Caranya dengan beraktivitas selalu supaya apa yang kita makan dapat diubah menjadi kekuatan dan energi sehari-hari.

Yana pun mengimbau supaya masyarakat tidak terpengaruh dengan obat-obatan bebas dijual di online shop. Hal itu untuk mencegah yang buruk dan pastikan bahwa obat yang kita makan aman dan di bawah pengawasan dokter.

"Akibatnya ya bisa enggak tahu apa yang terjadi, jadi hindarilah, berhati-hati," ujarnya.

AYO BACA : Inilah Cara Terbaik untuk Mencegah Obesitas

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers