web analytics
  

Jarang Sikat Gigi Perbesar Risiko Impoten

Minggu, 27 Januari 2019 07:37 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Jarang Sikat Gigi Perbesar Risiko Impoten, impoten, penyebab impoten, cara mengobati impoten, impotensi,

Ilustrasi. (Health Jade)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Benarkah lelaki yang memiliki penyakit gusi memiliki risiko impotensi tiga kali lipat dibandingkan pria dengan gusi sehat?

Penelitian terbaru dari peneliti asal Turki membenarkan hal tersebut, sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Minggu (27/1/2019).

Para ilmuwan asal Turki tersebut membandingkan 80 pria impoten (usia 30 hingga 40 tahun) dengan 82 pria yang tidak mengalami masalah serupa.

AYO BACA : Beragam Obat Sederhana untuk Mengobati dan Mencegah Impotensi

Hasil penelitian menunjukkan, sebanyak 53% pria yang mengalami impotensi ternyata mengalami radang gusi.

Saat hasil penelitian ini dicocokkan dengan berbagai faktor lain seperti usia, indeks massa tubuh, pendapatan, dan tingkat pendidikan, pria dengan penyakit periodontal yang parah 3,29% cenderung mengalami masalah disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria bergusi sehat.

Pemimpin penelitian dari Inonu University Turkey, Dokter Faith Oguz, mengatakan, impotensi adalah masalah kesehatan yang dialami oleh sekitar 150 juta pria. Mereka yang mengidapnya mengaku mengalami perubahan kualitas hidup beserta pasangannya.

AYO BACA : Kenali Penyebab 6 Rasa Sakit Umum pada Mr P

"Faktor fisik memang mencapai dua per tiga dari seluruh kasus, namun sebagian besar disebabkan oleh pembuluh darah, masalah psikologis seperti depresi dan stres," ujar Oguz.

Ogus menjelaskan, penyakit periodontitis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri buruk yang mendominasi area gusi dan menyebabkan peradangan.

"Banyak penelitian melaporkan bahwa periodontitis akut dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung koroner, atau masalah disfungsi ereksi," ujar Oguz.

Oguz menambahkan, periodontitis serta impoten disebabkan oleh faktor risiko yang sama, yaitu penuaan, rokok, diabetes, dan penyakit arteri koroner.

AYO BACA : Niat Besarkan Penis? Hati-hati Tidak Bisa 'Berdiri' dan Penetrasi

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers