web analytics
  

3000-an Warga Cimahi Belum Miliki KTP Elektronik

Kamis, 24 Januari 2019 06:37 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung, 3000-an Warga Cimahi Belum Miliki KTP Elektronik, Cimahi, ektp

Ilustrasi perekaman E-KTP. (Irfan Al-Faritsi/ayobandung)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Hingga saat ini masyarakat Kota cimahi yang belum memiliki KTP elektronik tetapi sudah melakukan perekamanan data KTP Elektronik jumlahnya hampir mencapai 3 ribu orang.

"Walaupun jumlahnya sedikit, namun hal itu harus segera diantisipasi mengingat pelaksanaan Pemilu 2019 sudah diambang pintu," ungkap Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi Yosephina kepada RRI, saat ditemui dikantornya di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Harjakusumah Cibabat Kota Cimahi, Rabu (23/1/2019)

Menurut Yosephina, KTP elektronik itu sangat penting tidak hanya untuk Pemilu saja tetapi juga untuk urusan administrasi yang saat ini semuanya sudah menggunakan sistem online.

"Bagi warga yang belum memiliki KTP elektronik segeralah datang ke kantor Kelurahan, Kecamatan atau Dinas Kependudukan untuk mengurus KTP, terutama yang perekaman  tahun 2016 hingga awal 2017. Jangan sampai ketika nanti butuh, buru-buru datang dan memaksa untuk cepat diproses," ujarnya.

Sementara bagi masyarakat yang menggunakan KTP elektronik tetapi masa berlaku yang tertera di KTPnya sudah habis kata Yosephine, tidak perlu melakukan pergantian KTP karena KTP elektronik tersebut  masih berlaku untuk seumur hidup.Pihaknya hanya melayani pembuatan KTP elektronik baru atau perpindahan.

Menyinggung masalah blanko KTP, Yosephina mengakui, memang saat ini pasokan blanko KTP yang diterima Cimahi masih sangat terbatas, sama seperti yang dihadapi oleh daerah lainnya di Indonesia.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers