web analytics

Bandung Barat Surganya Wisata Alam di Jabar

clockSelasa, 15 Januari 2019 16:16 WIB user-groupNetizen Netizen
Netizen, Bandung Barat Surganya Wisata Alam di Jabar, wisata, bandung barat, destinasi,

Tebing Keraton, salah satu objek wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat. (@dirgagilang)

Kabupaten Bandung Barat merupakan kabupaten yang terhitung baru di Provinsi Jawa Barat. Pemekaran dari Kabupaten Bandung ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang cukup dikenal oleh wisatawan. Wilayah ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat mengunjungi kawasan Bandung dan sekitarnya.

Luas wilayah Kabupaten Bandung Barat yaitu 1.305,77 kilometer persegi dengan batas wilayah sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Cianjur, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi dan sebelah selatan berbatasan dengan Selatan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Cakupan wilayah Kabupaten Bandung Barat meliputi 16 kecamatan yang terdiri atas Padalarang, Cikalongwetan, Cililin, Parongpong, Cipatat, Cisarua, Batujajar, Ngamprah, Gununghalu, Cipongkor, Cipeundeuy, Lembang, Sindangkerta, Cihampelas, Rongga, dan Saguling. Wilayah ini relatif sejuk, data BMKG menunjukkan curah hujan rata-rata tahunan di wilayah Kabupaten Bandung Barat < 1500>

Luasnya wilayah dengan sebagian besar merupakan wilayah pegunungan dengan curah hujan tinggi, serta tanah yang subur, letaknya yang tidak jauh dengan ibu kota provinsi memberikan nilai lebih bagi Bandung Barat. Tidak heran kalau Bandung Barat menjadi salah satu destinasi wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salah satu kecamatan di Bandung Barat yang mempunyai tempat wisata terkenal adalah Lembang. Siapa yang tidak tertarik dengan daerah satu ini?

Hampir semua wisatawan tujuan Bandung merasa belum lengkap apabila belum berkunjung ke Lembang. Beberapa daerah tujuan wisata alam di Lembang yang menjadi destinasi favorit wisatawan yakni taman wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, Situ Lembang, taman wisata alam Maribaya, dan Bumi Perkemahan Cikole.

Sementara itu, dalam hal wisata buatan, Lembang juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang semakin potensial dalam mendulang kunjungan wisatawan, di antaranya Lembang Floating Market, De Ranch, Farm House, Kampung Daun, Kampung Gajah, Dusun Bambu, Taman Bunga Begonia dan Observatorium Bosscha.

Saat ini tempat wisata yang sedang hits di lembang adalah Floating Market. Di sini pengunjung dimanjakan dengan hamparan taman yang luas dengan danau yang ditata dengan apik dikelilingi dengan taman tematik lainnya membuat pengunjung tidak akan bosan apalagi dilengkapi dengan tempat wisata kuliner aneka makanan khas daerah setempat menambah betah para pengunjung.

Tidak jauh dari Floating Market ada juga Farm House yang merupakan tempat wisata bernuansa ala Eropa dan instagramable yang sangat diminati wisatawan.

Selain tempat wisata di Lembang masih banyak tempat wisata di Kecamatan lain seperti Stone Garden dan Gunung Bendera di Padalarang, Curug Cimahi di Cisarua, Curug Penganten di Cihanjuang, Kebun Teh Sukawana, agrowisata bunga Cihideung di parongpong, Danau Wakatabol di Batujajar, Gantole di Cililin, Gunung Masigit di Cipongkor, Sanghyang Heuleut di Rajamandala Kulon, dan Bendungan Saguling di Kecamatan Saguling.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kabupaten Bandung Barat tak perlu khawatir dengan akomodasi, karena wisata Bandung Barat menyediakan tempat penginapan yang nyaman, aman dengan keindahan yang ada di sekitar penginapannya. Harganya pun relatif terjangkau dengan fasilitas yang cukup memadai.

Sayangnya dari semua tempat wisata di Bandung Barat, ada beberapa tempat yang aksesnya cukup sulit dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun wisata. Ada tempat wisata yang saat ini jarang dikunjungi oleh masyarakat karena minimnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung serta akses jalan yang masih jelek. Misalnya Goa Pawon, Situ Ciburuy serta Curug Malela. Padahal wisata alam tersebut memiliki keindahan tersendiri.

Desa Wisata

Selain tempat wisata yang sudah ada, Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Barat mengembangkan lima desa dari 165 desa yang ada di Bandung Barat di sejumlah kecamatan sebagai desa wisata. Program ini di samping untuk memunculkan destinasi baru wisata Bandung Barat juga untuk menjaga kearifan lokal masyarakat dan kelestarian alam di desa-desa tersebut.

Kelima desa wisata itu ialah Desa Rende (Kecamatan Cikalong Wetan), Suntenjaya (Lembang), Mukapayung (Cililin), Sirnajaya (Gununghalu), dan Cihanjuangrahayu (Parongpong).

Kelima desa tersebut dekat dengan tempat wisata yang sudah terkenal sebelumnya, jadi wisatawan bisa meneruskan berwisata ke desa tersebut. Pembentukan desa wisata tak bisa lepas dari pembangunan infrastruktur, biaya promosi pariwisata tidak hanya berkutat pada sejumlah objek wisata, tetapi juga potensi lainnya, seperti wisata budaya, sejarah, pertanian, dan pendidikan. Bahkan, produk usaha kecil dan menengah (UMKM) juga berpotensi sebagai pariwisata kuliner.

Produk Unggulan UMKM

Berbagai produk unggulan dihasilkan pula di Kabupaten Bandung Barat, di antaranya adalah beberapa kerajinan mulai dari kerajinan dengan bahan dasar bambu, tulang ikan, kulit buaya sampai dengan berbagai jenis makanan yang diolah yang menghasilkan produk makanan khas.

Salah satu produk kerajinan hasil kreativitas salah satu warga Kabupaten Bandung Barat, adalah Kerajinan Batok. Di berbagai pameran hasil karya dari kerajinan batok ini selalu terpajang. Dengan harga yang cukup murah, para pengrajin banyak menerima pesanan untuk berbagai acara, di antaranya untuk suvenir, bahkan untuk acara-acara khusus.

Selain kerajinan batok Bandung Barat juga mempunyai produk unggulan kerajinan batik. Saat ini batik lembang mulai menggeliat dan dikenal oleh masyarakat dan wisatawan. Pusat kerajinan batik di Lembang ada di Rumah Batik.

Awalnya Rumah Batik hanya menjual berbagai kain batik khas dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi seiring dengan berjalannya waktu Rumah Batik Lembang mulai membuat batik sendiri sehingga menjadi sentra batik khas Lembang yang di kerjakan oleh masyarakat sekitar.

Batik yang dibuat di sini memiliki ciri khas Bandung Barat, salah satu motif batik yang di produksi di antaranya adalah Motif Bosscha yang merupakan ikon kebanggaan Lembang. Sementara itu, motif lainnya yang dikreasikan di sini adalah motif pinus, motif kawung stroberi, motif kenanga, motif bintang, serta motif legenda Tangkuban Parahu.

Dengan perkembangan zaman motif serta warna batik di Rumah Batik Lembang didesain untuk berbagai keperluan, bukan saja motif yang bisa digunakan untuk acara resmi seperti menghadiri undangan, namun juga tersedia aneka motif dan warna yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Produk kreatif lainnya adalah makanan Kue Phia. Dengan rasa yang tidak kalah dengan kue phia yang terkenal dari daerah lain, So-Phia (merek kue phia) ini memiliki rasa yang lebih khas dan sangat renyah.

Produk unggulan lain yang sedang digalakan saat ini yaitu gula semut. Kebanyakan orang tau air nira yang hanya bisa dijadikan Gula Aren saja, tapi ternyata air nirapun bisa di olah menjadi gula semut, dan gula semut tersebut banyak sekali peminatnya hanya saja belum semua tau apa itu gula semut dan bagaimana pengelolaannya.

Selain itu, gula aren atau gula semut memiliki banyak sekali manfaat seperti menambah tenaga, mencegah anemia, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar kolestrol tubuh, cara mengoonsumsinya pun mudah bukan hanya bisa dijadikan bumbu atau olahan makanan tapi gula semut ini bisa di seduh langsung menggunakan air hangat.

Untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dan potensi wisata Bandung Barat, tugas utama Pemerintah Daerah saat ini harus memperhatikan potensi objek wisata alam dengan memanfaatkan keterbukaan masyarakat dan keamanan berwisata, kooperatifnya dinas pariwisata terhadap instansi lain untuk mengembangkan tiap objek serta memanfaatkan kuatnya arus perkembangan teknologi dan informasi untuk promosi.

Promosi pariwisata harus lebih gencar dan intensif, membuat agenda wisata yang bisa menjadi acuan bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Kemacetan parah yang sering terjadi dan buruknya ruas jalan menuju tempat wisata menjadi PR yang harus diprioritaskan dalam membangun infrastruktur. Sarana transportasi agar terintegrasi dengan tempat wisata daerah lain yang lebih dahulu maju kepariwisataannya dengan mengandalkan kekuatan potensi daya tarik sehingga dapat menarik investor. Potensi wisata dan produk unggulan UMKM yang ada di Bandung Barat dengan pengelolaan yang baik akan mendongkrak perekonomian masyarakat Bandung Barat pada umumnya.

Kurnia Dian Atmanasayu

Statistisi di BPS Provinsi Jawa Barat

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Selebgram Cilik dan Hak Privasi Anak

Netizen Jumat, 30 Juli 2021 | 18:00 WIB

Hak anak atas privasi digital sudah milik mereka sejak lahir.

Netizen, Selebgram Cilik dan Hak Privasi Anak, Selebgram Cilik,Hak Privasi Anak,Selebram,Instagram

Tiga Kata Sederhana Ini Masih Sering Dilupakan dan Diabaikan

Netizen Jumat, 30 Juli 2021 | 16:10 WIB

Ada tiga kata ajaib yaitu tolong, maaf,dan terima kasih, yang kini mulai sukar ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Netizen, Tiga Kata Sederhana Ini Masih Sering Dilupakan dan Diabaikan, Tiga Kata Sederhana,tiga kata ajaib,tolong,maaf,terima kasih

Jaringan Jalan di Baduy Merupakan Bentuk Asli Jalan di Jawa Barat Abad...

Netizen Jumat, 30 Juli 2021 | 13:21 WIB

Jaringan Jalan di Baduy Merupakan Bentuk Asli Jalan di Jawa Barat Abad ke-16 – 17

Netizen, Jaringan Jalan di Baduy Merupakan Bentuk Asli Jalan di Jawa Barat Abad ke-16 – 17 , jalan baduy,Jawa Barat,dipati ukur

Pandemi, Narasi, dan Realitas Menakutkan

Netizen Kamis, 29 Juli 2021 | 23:30 WIB

Efek samping dari narasi seram itu lebih cepat menjalar dari pada pengaruh berbagai obat dan vitamin yang saya konsumsi.

Netizen, Pandemi, Narasi, dan Realitas Menakutkan, Pandemi,Narasi,Realitas,Kasus Covid-19,Isolasi Mandiri,obat covid-19,Virus Corona

GARUDA SHIELD 2021: Indonesia Bermain Cantik!

Netizen Rabu, 28 Juli 2021 | 20:15 WIB

Indonesia-Amerika Serikat telah membuat sejarah panjang dalam latihan militer bersama atau pertukaran perwira militer.

Netizen, GARUDA SHIELD 2021: Indonesia Bermain Cantik!, GARUDA SHIELD,Militer,Indonesia,Amerika Serikat

Mengapa Tak Ada Seruan Berpartisipasi Mengatasi Covid-19?

Netizen Selasa, 27 Juli 2021 | 17:35 WIB

Vaksin dianggap menjadi penyelamat dari serangan virus Corona yang diperkirakan lebih mematikan dari virus flu lainnya.

Netizen, Mengapa Tak Ada Seruan Berpartisipasi Mengatasi Covid-19?, Seruan Berpartisipasi,Mengatasi Covid-19,COVID-19,Virus Corona

Dari Olympia Jadilah Uitspanning Na Inspanning (UNI)

Netizen Selasa, 27 Juli 2021 | 09:02 WIB

Dari Olympia Jadilah Uitspanning Na Inspanning (UNI)

Netizen, Dari Olympia Jadilah Uitspanning Na Inspanning (UNI), UNI,sidolig,Persib,sepakbola,bandung,Teddy Kessler,Wim Kuik

Mengungkap Fakta Kandungan Susu Bear Brand

Netizen Senin, 26 Juli 2021 | 23:00 WIB

Alasannya, karena susu Bear Brand diyakini dapat meredakan paparan Covid-19.

Netizen, Mengungkap Fakta Kandungan Susu Bear Brand, Fakta,Susu,Bear Brand,COVID-19,Sehat,Hoaks

artikel terkait

dewanpers
arrow-up