web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Tsunami Selat Sunda, Rumah Zakat Salurkan Buka Posko dan Bantuan

Selasa, 25 Desember 2018 17:13 WIB A. Dadan Muhanda

Grafis tsunami Selat Sunda.(Attia)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Bencana tsunami yang terjadi di kawasan Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018) mengundang simpati bagi korban dari berbagai pihak. Data BNPB hingga Selasa (25/12/2018) pukul 16.00 WIB, total korban meninggal mencapai 413 jiwa, 96 hilang dan 1.038 lainnya luka-luka.

Sebagai respons atas kejadian bencana ini, Rumah Zakat Action yang merupakan unit Penanggulangan Bencana Rumah Zakat menerjunkan 50 relawan evakuasi dan mengirimkan berbagai bala bantuan seiak hari pertama bencana terjadi. 

Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengatakan Rumah Zakat Action telah menyiapkan program penanggulangan bencana berdasarkan fase dan jangka waktu yang ditetapkan pemerintah setempat.

"Tahapan aksi kami lakukan pada fase darurat, fase transisi dan fase recovery yang merupakan program pemberdayaan berkelanjutan," kata Murni Alit.

Para relawan sejauh ini telah melakukan sejumlah aksi cepat meliputi evakuasi korban, rapid assessment, Iayanan medis, pendistribusian logistik serta penyiapan dapur umum. Rumah Zakat Action juga menyediakan emapt armada ambulan disiagakan dilokasi, dibantu dengan tujuh unit kendaraan roda dua dan empat untuk membantu proses distribusi dan Iayanan bagi warga.

Selain itu, mereka juga turut membuka pos segar dan pos hangat bagi para penyintas dan aparat serta relawan. Keberadaan pos-pos ini menjadi pelengkap untuk meringankan dan memberikan energi ditengah situasi tanggap darurat ini. 

“Kondisi evakuasi yang masih berjalan, serta kerusakan rumah dan beberapa fasilitas publik menyebabkan relawan terkonsentrasi untuk proses evakuasi serta menyebabkan pengungsi di beberapa titik lokasi. Kebutuhan logistik yang saat ini perlukan terdiri dari makanan, alas tidur, selimut, kebutuhan bayi, dan bantuan medis” kata dia.

Untuk kebutuhan pelayanan, Rumah Zakat Action membuka posko utama yang berada di Masjid Nurul Hidayah, Desa Margadana, Kecamatan Pagelaran Banten dan Pos Kemanusiaan Tsunami Lampung Selatan di Way Muli Timur, Kecatan Rajabasa Lampung Selatan. Di samping itu Rumah Zakat menyiapkan lima pos pendukung, yang tersebar di Banten dan Lampung.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers