web analytics
  

5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia

Sabtu, 15 Desember 2018 03:41 WIB Nur Khansa Ranawati
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia, bahagia, hidup sehat, susu, cokelat

ilustrasi (Unsplash)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM--Setiap otak manusia memiliki empat senyawa inti yang menyebabkan rasa bahagia, yakni dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Pelepasan senyawa tersebut ternyata juga dapat dipicu ketika manusia mengonsumsi sejumlah makanan tertentu. 

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (15/12/2018), ada 5 makanan yang dapat memicu munculnya rasa bahagia pada manusia, antara lain:

1. Cokelat Pekat (Dark Chocolate)

Cokelat pekat banyak mengandung antioksidan. Memakan cokelat jenis ini dapat meningkatkan suasana hati yang baik secara alami karena adanya N-acylethanolamine, kelompok senyawa yang menstimulasi pelepasan endorfin oleh otak. Selain itu, cokelat pekat juga bisa meningkatkan sistem imun manusia, menjaga kesehatan hati dan meningkatkan kemampuan kognitif otak.

2. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak Omega-3 yang banyak diidentikan dengan kesehatan otak dan 'penjaga' suasa hati. Di samping itu, buah ini juga dikenal memiliki vitamin B3 yang memicu pelepasan serotonin secara alami.

AYO BACA : 10 Manfaat Kacang Polong yang Jarang Diketahui

3. Tomat Ceri

Tomat banyak mengandung lycopene, yakni antioksidan yang berfungsi memelihara kesehatan otak dan mencegah depresi. Peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat lycopene terbesar adalah mencegah munculnya inflamasi tertentu pada tubuh yang berhubungan dengan 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan zinc yang dapat membantu menjaga hormon kortisol penyebab stress tetap rendah. Kacang seperti walnut dan almond, dan biji-bijian seperti biji labu mampu menstimulasi produksi endorfin yang kemudian akan diedarkan melalui pembuluh darah. Hal ini memicu munculnya rasa senang dan meredakan stress.

5. Susu

Susu banyak dikenal mampu meningkatkan suasa hati menjadi lebih baik karena mengandung tryptophan, satu dari 20 asam amino pembentuk protein yang dapat diubah menjadi serotonin. Serotonin adalah sala satu hormon yang membantu meregulasi suasana hati manusia. Protein dalam susu, yakni lactium juga memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Di samping makanan-makanan di atas, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa bahagia, di antaranya adalah olahraga rutin setiap hari selama 20 menit, melakukan pijat, memperbanyak tertawa, hingga meditasi. 

AYO BACA : Tips Bekerja dengan Sehat

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers