web analytics
  

“Youtuber for Dummies: Step by Step Belajar jadi Youtuber Sukses”

Kamis, 13 Desember 2018 05:12 WIB Netizen Netizen
Netizen, “Youtuber for Dummies: Step by Step Belajar jadi Youtuber Sukses”, media sosial, youtube, youtuber, resensi buku

Buku “Youtuber for Dummies : Step by Step Belajar jadi Youtuber Sukses”

Judul Buku  : Youtuber for Dummies: Step by Step Belajar jadi Youtuber Sukses
Penulis        : Deddy Corbuzer
Penerbit      : Bhuana Ilmu Populer Kelompok Kompos Gramedia
Tebal           : 196 Halaman
ISBN           : 9878-602-483-153-0

Youtube merupakan sosial media yang didirikan pada 14 Februari 2005 oleh Jawed Karim, Chad Hurley, dan Steve Chen. Mereka awalnya berkerja pada perusahaan Paypal sebelum mendirikan Youtube.

Youtube merupakan jembatan untuk menjadi orang-orang sukses masa kini. Buku ini merupakan sebuah buku yang membicarakan cara memulai karier di Youtube. 

Buku berjudul "Youtuber for Dummies: Step by Step Belajar jadi Youtuber Sukses" yang ditulis salah satu figur publik tanah air, Deddy Corbuzier. 

Sampul yang dominan berwarna hitam dengan font berwarna putih dan merah membuat buku ini sangat mencolok di toko-toko buku. Gaya penulisan dan penguraiannya pun seperti buku untuk anak kecil, sehingga lebih menarik.

AYO BACA : KPK: Korupsi Pendidikan Merusak Bangsa

Kelebihan dan Kekurangan 

Sampul yang menarik dan gaya penulisan dan pemaparan yang seperti buku anak-anak sungguh menjadi daya tarik sendiri untuk buku ini, dengan kertas yang berkualitas seperti yang digunakan dalam majalah-majalah membuat buku ini memiliki nilai positif tersendiri. Dengan gaya penulisan yang menarik dengan banyaknya gambar seperti buku anak-anak membuat buku setebal 196 halaman ini terasa sangat sedikit. 

Di sini kita harus mengapresiasi gaya penulisan oleh penulis yang membuat nyaman untuk membaca buku ini. Untuk bab 1 sampai 5 penulis lebih menceritakan dan menjelaskan apa itu Youtube serta sejarah-sejarah unik dari Youtube itu sendiri. Selain itu, penulis menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi kendala kebanyakan orang untuk mulai terjun ke dalam dunia Youtube dan di sini diceritakan secara singkat kenapa penulis memulai untuk terjun ke dalam dunia Youtube. Karena gaya penulisan dan penuturan materi seperti layaknya buku kanak-kanak buku ini tidak terlalu bertele-tele dalam menjelaskan hal-hal yang sudah umum seperti apa itu Youtube dan semacamnya.

Bab 6 sampai bab 12 baru menjelaskan secara teknis cara memulai berkiprah di Youtube. Dalam buku ini kita diberikan beberapa tips yang sangat bermanfaat sekali untuk orang-orang yang ingin terjun kedalam dunia Youtube. 

Sekali lagi, buku ini patut diapresiasi dari segi gaya penulisan dan pemaparan materi yang sangat simpel sehingga sangat nyaman untuk dinikmati karena mudah dimengerti dan dengan adanya gambar pun memaksimalkan penjelasan-penjelasan yang diberikan. Dalam buku ini juga terdapat pembahasan-pembahasan yang sebenarnya sepele namun itu merupakan hal-hal yang sering dipertanyakan oleh orang-orang yang ingin terjun ke dalam dunia Youtube. 

AYO BACA : Rayakan Pergantian Tahun ala Midnight Madness di Moxy Bandung

Untuk keseluruhan buku ini sudah sangat bagus dari segi pemaparan materi, visualisasi dalam bukunya (gambar-gambar) yang membuat orang-orang tidak akan bosan untuk membaca buku ini namun karena dengan pemaparan materi layaknya buku pada buku kanak-anak membuat pembahasan-pembahasan yang dipaparkan dalam materi kurang mendalam. 

Lalu tidak selarasnya judul pada bab 6 dengan isinya. Dalam buku tersebut pada bab 6 yang berjudul “Let’s do These For Your First Video” yang kebanyakan dalam bab tersebut membicarakan peralatan, untuk subbab pertama pada bab 6 menurut saya sudah sangat cocok dengan subbab berjudul “Hanphonemu Alat Mumpuni” di sini sudah selaras dengan judul besar pada bab 6-nya namun untuk seterusnya bab ini terlalu membicarakan alat-alat ketimbang apa yang harus kita lakukan pada video pertama kita.

Selain itu terdapat beberapa tips yang diberikan oleh penulis yang kurang saya terima, buku ini merupakan bagaimana cara seorang pemula yang memulai kariernya dalam Youtube namun pada tips yang diberikan oleh penulis untuk melakukan kolaborasi terhadap youtuber terkenal yang kurang pas dalam buku ini karena buku ini merupakan buku untuk seorang pemula yang ingin terjun kedalam dunia Youtube. 

Namun untuk keseluruhan buku ini sudah terbilang cukup bagus. walapun dengan pembahasan materi yang kurang mendalam namun gaya penyampaian materi yang sangat baik yang di sertakan gambar membantu pembaca untuk lebih mengerti lagi. Lalu dengan kover  yang menarik dan kertas yang diguanakan pun sangat bagus membuat buku ini mendapatkan nilai plus tersendiri. 

Mungkin ke depannya kita masih membutuhkan sumber-sumber lain seperti bagaimana kita mengedit video, audio dan semacamnya karena dalam buku ini kita tidak dijelaskan bagaimana caranya mengedit video dan semacamnya hanya diberikan beberapa software-software dan aplikasi-aplikasi untuk mengedit saja.

Justin Andi Mansjur

Mahasiswa Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

AYO BACA : Pelajar Jabar Disiapkan Hadapi Revolusi Industri 4.0

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Urgensi Integrasi Data

Netizen Jumat, 26 Februari 2021 | 15:52 WIB

“Kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif”. Kegundahan Presiden Joko Widodo atas progres Pemberlakuan Pembatasan...

Netizen, Urgensi Integrasi Data, PPKM,Integrasi data,BPS Jabar

Acara Hiburan di Situ Aksan Tahun 1950-an dalam Iklan Koran

Netizen Jumat, 26 Februari 2021 | 09:29 WIB

Acara Hiburan di Situ Aksan Tahun 1950-an dalam Iklan Koran

Netizen, Acara Hiburan di Situ Aksan Tahun 1950-an dalam Iklan Koran, Situ Aksan,Sejarah Situ Aksan,Sin Ming,Iklan Situ Aksan,Sin Ming Hui Bandung

Penerjemah Sunda Pertama

Netizen Kamis, 25 Februari 2021 | 10:00 WIB

Raden Kartawinata menduduki posisi yang sebelumnya tidak ada dalam birokrasi kolonial di Tatar Sunda, menjadi penerjemah...

Netizen, Penerjemah Sunda Pertama, Penerjemah Sunda,raden kartawinata,K.F. Holle

Mengapa Orang India Sukses di Negara Lain?

Netizen Senin, 22 Februari 2021 | 15:08 WIB

Cerita ini terinspirasi dari pertanyaan, mengapa orang India mampu menduduki posisi-posisi penting di perbankan,  lembag...

Netizen, Mengapa Orang India Sukses di Negara Lain?, India,sukses,ekonomi

Problem Sampah yang Membuat Kita Sengsara

Netizen Sabtu, 20 Februari 2021 | 17:59 WIB

Beberapa waktu lalu, Indonesia disebut-sebut sebagai produsen sampah nomor dua terbesar di dunia.

Netizen, Problem Sampah yang Membuat Kita Sengsara, Sampah,Indoensia,Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Sekolah di Sumedang

Netizen Sabtu, 20 Februari 2021 | 14:54 WIB

Pada 5 Juli 1867, Bupati Sumedang R.A. Soeria Koesoema Adinata alias Pangeran Sugih membuka sekolah yang diupayakan oleh...

Netizen, Sekolah di Sumedang, pengeran sugih,sekolah di sumedang,sejarah sekolah,kartawinata,pendopo sumedang,kabupaten sumedang

Menanti Internasionalisasi Persaingan Tajam Amerika Serikat-China

Netizen Sabtu, 20 Februari 2021 | 14:17 WIB

Manfaat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mulai diragukan setelah Uni Soviet bubar, juga ketika negara-negara pecah...

Netizen, Menanti Internasionalisasi Persaingan Tajam Amerika Serikat-China, NATO,Pakta Pertahanan Atlantik Utara,Joe Biden,Amerika Serikat,Australia,china,Presiden Cina Xi Jinping

Mencegah Kebakaran Sejak Dini

Netizen Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:54 WIB

Mencegah Kebakaran Sejak Dini

Netizen, Mencegah Kebakaran Sejak  Dini, mencegah kebakaran,dinas kebakaran,cara mencegah kebakaran

artikel terkait

dewanpers