web analytics
  

Kena OTT KPK, Ini Sepak Terjang Bupati Cianjur Irvan Rivano

Rabu, 12 Desember 2018 20:18 WIB Nur Khansa Ranawati

Bupati Cianjur, Orvan Rivano. (Facebook Irvan Rivano)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Komisi Pemberantasan Korupsi melangsungkan Operasi Tangkap Tangan terhadap enam orang perangkat pemerintahan Kabupaten Cianjur, termasuk Bupati Cianjur Irvan Rivano, Rabu (12/12/2018) dini hari. OTT tersebut disinyalir terkait adanya dugaan suap kepada kepala daerah untuk anggaran pendidikan di Cianjur.

AYO BACA : KPK OTT di Cianjur

Sepak terjang karier politik Irvan Rivano sebelum menjabat sebagai Bupati Cianjur terbilang cukup mulus. Dalam keorganisasian, pria kelahiran 27 Agustus 1980 tersebut tergolong aktif. Dia pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Jawa Barat sejak 2014 hingga 2016, dan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Cianjur pada 2009-2012.

AYO BACA : Kepala Daerah Cianjur Kena OTT, Ridwan Kamil: Saya Sedih dan Prihatin

Dia naik menjadi Bupati Cianjur menggantikan ayahnya sendiri, Tjetjep Muchtar Soleh, didampingi Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman untuk masa jabatan 2016-2021. Ayahnya menjabat posisi Bupati Cianjur selama dua periode hingga 2016. 

Di samping itu, nama Irvan Rivano Muchtar sudah tidak asing di telinga masyarakat Cianjur, mengingat bapak empat anak ini juga menduduki posisi sebagai Ketua PSSI dan Perbakin Kabupaten Cianjur hingga saat ini. Bahkan, dia sempat mengetuai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Cianjur pada 2006-2009, dan menduduki jabatan teratas Karang Taruna Kabupaten Cianjur pada 2011-2016. 

Irvan menempuh pendidikan Magister dan Doktoral di Universitas Pasundan Bandung. Sebelumnya sempat mengenyam pendidikan tingkat Sarjana di Universitas Padjajaran Bandung (2003) dan Universitas Suryakancana Cianjur (2006).

Belum lama ini, Irvan bernaung ke Partai Nasdem setelah sebelumnya berada di Golkar. Saat menjabat sebagai anggota DPRD Jabar, dia masih tercatat sebagai kader Partai Demokrat, dan memilih bergabung dengan Golkar saat maju di Pilkada 2015.

AYO BACA : OTT KPK, Bupati Cianjur dan 5 Orang Lainnya Diamankan

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers