web analytics
  

Tips dan Trik Hadapi Harbolnas, Biar Dompet Tak Kebobolan

Selasa, 11 Desember 2018 13:02 WIB Andres Fatubun

Ilustrasi hari belanja online nasional. (Attia/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Siap-siap bagi kamu yang ingin membeli barang dengan harga miring atau barang yang diidam-idamkan sejak lama, karena besok ada kejutan Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional yang dirayakan tiap 12 Desember. 

Semua e-commerce dan online shop telah mengumumkan lewat iklan di media sosial, televisi, hingga setiap selebgram untuk berlomba-lomba membeli barang di situs belanja daringnya. 

AYO BACA : Survei: Antusiasme Masyarakat Indonesia Terhadap Harbolnas Naik 20%

Lalu, apa sih tips dan trik supaya tidak ketinggalan mengeklik barang yang kita suka pada 12.12 ini? Simak tips dan triknya berikut ini!

1. Pasang Alarm
Percayalah, kadang kita lupa bahwa hari itu ada agenda khusus atau perayaan penting. Bahkan, kita kerap melupakan hari penting sebelum kita memasang alarm, bukan? Sama dengan Harbolnas. Sebelum menyesal barang kesukaanmu diborong orang, langsung pasang alarm supaya enggak ketinggalan. 

AYO BACA : Rayakan Harbolnas Bersama Empat Produk dari Bandung Ini!

2. Pilih Barang yang Dituju
Mengapa memilih barang yang dituju menjadi sangat penting? Karena jika dalam waktu 12.12 kita masih mencari barang tersebut dan melihat ulasannya, waktu akan terbuang percuma. Masalahnya kita bersaing dengan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengincar barang yang diinginkan dengan harga miring.

Misalnya, kamu mau membeli lipstik. Coba sekarang lihat dulu ulasannya di Youtube atau blog. Setelah mantap, cari di situs belanja online kesukaan kamu. Besok, kamu tinggal klik membeli. 

3. Masukkan ke dalam Wishlist
Biasanya setiap situs belanja online memiliki keranjang wishlist alias keinginan. Nah, fitur ini mesti kamu coba dari sekarang supaya kamu tinggal klik membeli dan segera memproses barang tersebut. Namun, jangan lupa buat pasang alarm seperti tips nomor satu karena sia-sia saja kamu masukkan barang ke wishlist jika barang tersebut ternyata sudah habis. Barang yang dimasukkan ke wishlist bukan berarti akan didahulukan ya!

4. Pasang Mobile Banking
Penggila belanja online wajib memiliki mobile banking di gawainya. Sudah tidak zaman lagi transfer ke ATM jauh-jauh dan buang waktu. Ketika barang sudah dikonfirmasi, kamu tinggal membayar dalam hitungan detik lewat mobile banking. Jangan lupa cek saldo, takutnya kamu membeli barang yang harganya jauh dari saldo akhir kamu. Hal ini supaya memudahkan kamu untuk segera menerima barang dan memudahkan pedagang segera mengemas dan mengirimkannya ke jasa logistik. 

5. Dahulukan Kebutuhan, Baru Keinginan
Kita sering lupa bahwa ada barang yang kita amat butuhkan daripada barang yang tiba-tiba nongol di layar gawai. Seperti tas lucu yang lagi diskon padahal tas sudah menumpuk di kamar, atau lipstik keluaran terbaru padahal pewarna bibir masih banyak di lemari. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan supaya tahu mana prioritas. Misalnya pembersih mukamu habis, sabun mandi tinggal airnya saja, atau kaos kaki kamu sudah robek dan banyak yang melar. Hal itu penting diketahui supaya bisa menekan biaya kamu dalam berbelanja. 

AYO BACA : Tips Mudah Cari Barang Lewat Belanja Online

Editor: Andres Fatubun
dewanpers