web analytics
  
Banner Kemerdekaan

APBD Kota Bandung Defisit, Komisi B DPRD Harap BUMD Berikan Laba

Kamis, 6 Desember 2018 12:27 WIB Fathia Uqimul Haq

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Nenden Sukaesih dalam Rapat Kerja Evaluasi Program BUMD Kota Bandung, di Aryaduta Hotel, Kamis (6/12/2018).

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung, Nenden Sukaesih menginginkan BUMD memberikan laba ke Kota Bandung sehingga tidak terjadi  lagi defisit walaupun BUMD  bersifat pelayanan. 

"Menyikapi APBD kita defisit sebetulnya karena kita memang banyak pengeluaran juga dan banyak hal-hal yang kita sikapi untuk pengeluaran di sini," katanya, dalam rapat kerja pembahasan program kegiatan BUMD, di Hotel Aryaduta, Kamis (6/11/2018). 

Neneng pun menekankan masalah efisiensi pengeluaran BUMD sebagai hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari efisiensi tenaga kerja, penggunaan fasilitas sehari-hari seperti ATK, pemeliharaan gedung dan lain-lain.  

AYO BACA : Pemkot Bandung Janji Tingkatkan Sarana-Prasarana bagi Kaum Disabilitas

"Jadilah kita BUMD seperti perusahaan swasta yang betul-betul memperhatikan efisiensi nya," ujarnya.  

Menurut pengalamannya ketika di perusahaan swasta, penggunaan kertas dibatasi untuk kebutuhan internal sehingga kertas yang masih kosong di muka belakangnya bisa digunakan kembali buat fotokopi. Begitu juga ATK seperti klip yang jatuh dapat dipungut lagi. 

"Efisiensi memang hal yang sedikit kecil tapi kalau bisa mengefisiensikan bisa menghitung keuntungan yang kita dapatkan," jelas Neneng. 

AYO BACA : Kota Bandung Butuh Pelebaran Sungai, Ini Alasannya

Dia mengatakan Pemkot Bandung ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyak tapi ada saja hal-hal yang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, sinergitas dengan Komisi B DPRD Kota Bandung dapat menjadi jalan untuk memecahkan masalah bersama supaya BUMD Kota Bandung menjadi percontohan BUMD, baik di Jawa Barat maupun di Indonesia.  

"Kami harap upaya BUMD Kota Bandung untuk lebih meningkatkan kinerja. Memang kinerja sekarang lumayan bagus tapi mudah-mudahan di 2019 ini bisa ditingkatkan lagi dan evaluasi lagi apa sih yang perlu kita laksanakan dan jalankan pada program BUMD masing-masing," tuturnya.  

Rapat kerja ini diharapkan menjadi evaluasi tiap-tiap usaha terkait hambatan ketika melaksanakan program kegiatan di BUMD  masing-masing  serta peninjauan ulang program lainnya. 

"Apakah program yang kita laksanakan menguntungkan atau merugikan kita sendiri. Saya harap 2019 BUMD menjadi andalan di Kota Bandung," harapnya. 

AYO BACA : Ingin Bisnis Kreatif Anda Sukses? Yuk, Ikutan Creative Mornings

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers