web analytics
  

Jenderal Mulyono Imbau TNI Waspadai Pemilu 2019

Senin, 26 November 2018 10:01 WIB Fathia Uqimul Haq

Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan pengarahan pada apel danrem dandim di Pussenif, Senin (26/11/2018). (ayobandung.com/FAthia Uqimul Haq)

CIBEUNYING KIDUL, AYOBANDUNG.COM--Pemilihan Presiden 2019 menjadi momen yang diwaspadai oleh segenap aparat. Berkaca dari jalannya pemilu beberapa tahun terakhir, kompleksitas sektor ancaman terhadap pemilu 2019 semakin meningkat.  

Kasad Jenderal TNI Mulyono mencermati, polarisasi dukungan politik masyarakat menjelang pemilu menimbulkan potensi pelanggaran aturan dan konflik antar-pendukung.

AYO BACA : Jokowi Akan Buka Apel Danrem Dandim 2018 di Pussenif

"Oleh karenanya, saya mengajak semua pihak untuk berkomitmen mewujudkan pemilu yang aman, bebas dari kerusuhan, demonstrasi, maupun konflik sosial yang mengarah pada aksi-aksi anarkis yang dapat membahayakan stabilitas keamanan nasional," ujarnya, Senin (26/11/2018).

Mulyono menegaskan, TNI harus benar- benar memahami bahwa TNI milik nasional yang berdiri di atas semua golongan yang tidak terkotak-kotak oleh politik praktis.

AYO BACA : Supardi Doakan Persib U-19 Sikat Persija di Final

Dia menilai tema Meningkatkan Profesionalisme Semua Aparat dengan Dukungan Kewilayahan untuk Menyukseskan Pemilu 2019 sangat relevan dengan tuntutan tugas. Sebab, mereka akan menghadapi dan mengamankan jalannya pesta demokrasi bangsa Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut, kata Mulyono, sinergi dan kolaborasi yang kokoh antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan elemen masyarakat menjadi prasarana mutlak yang harus diwujudkan.

Danrem dan Dandim memerlukan percepatan serta ketepatan pertimbangan dalam melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dan Polri untuk mencegah sekaligus mengatasi tumbuhnya kerawanan.

"Peran aparat kodam dan kodim juga perlu dioptimalkan untuk membantu Polri dalam mengatasi kerentanan kerawanan di wilayah masing-masing," tuturnya.

AYO BACA : Wa Umuh Siap Guyur Duit Rp590 Buat Persib U-19

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers