web analytics
  

Cable Car, Solusi KBB Atasi Kemacetan Lembang

Jumat, 26 Oktober 2018 20:47 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Cable Car, Solusi KBB Atasi Kemacetan Lembang, Cable Car, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Kemacetan di Lembang, Program 100 Hari Kerja,

(Ilustrasi Pixabay)

AYO BACA : Bandung Bakal Punya Cable Car dari Gelap Nyawang Hingga Cihampelas

AYO BACA : Tak Punya Ijin Cable Car Cihampelas Dibatalkan

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berencana membangun cable car untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Kawasan Wisata Lembang.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, cable car merupakan salah satu janji kampanyenya untuk mengatasi kemacetan Lembang. "Ini merupakan program 100 hari AKUR, salah satunya mengatasi kemacetan di Lembang," tutur Aa, Jumat (26/10/2018).

Karena berhubungan dengan program 100 hari pertama kinerja, Aa mengatakan cable car akan mulai direalisasikan dalam dua bulan kedepan. Kendati merupakan program kerja Pemkab Bandung Barat, namun pembangunan cable car tidak akan membebani APBD.

Menurut Aa, rencana pembangunan tersebut didanai dari pengusaha yang bergerak dalam pariwisata. Lembang sebagai kawasan wisata sengaja dipilih untuk pembangunan cable car.

Selain upaya dalam penanganan kemacetan, juga sebagai tambahan destinasi wisata. Cable car memungkinkan wisatawan melihat pemandangan Lembang dari ketinggian. Rencananya cable car yang akan dibangun tersebut, mempunyai rute dari tempat wisata ke tempat wisata lain. "Jadi setiap destinasi wisata akan terkoneksi dengan cable car," ucapnya.

Secara terperinci dia menyebut jika terminal awal cable car akan ditempatkan di Farm House. Terminal selanjutnya di Floating Market, Maribaya, The Lodge dan berakhir di Orchid.

Dengan konektivitas tersebut, maka wisatawan tidak harus turun naik kendaraan untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. "Jadi akan mengurangi kemacetan di kawasan Lembang," imbuhnya.

Dari sisi bisnis, keberadaan cable car juga kata Aa cukup baik. Bahkan akan menambah pendapatan asli daerah dari tiket yang dikenakan kepada wisatawan ketika menggunakan cable car.

"Bisa jadi destinasi baru juga. Orang akan lebih tertarik untuk datang ke Lembang," ucapnya.

Dengan pemikat tersebut, maka diharapkan kunjungan wisatawan ke Lembang akan terus meningkat. Cable car sendiri merupakan moda transpotasi yang biasa digunakan di tempat ketinggian. Beberapa negara telah menggunakan cable car untuk mengangkut orang seperti menuju puncak gunung.

Pembangunan cable car yang terkoneksi dengan beberapa tempat wisata, merupakan yang pertama dibangun di Indonesia. Konsep yang sama pernah diutarakan Bandung Ridwan Kamil namun dengan penamaan berbeda. Dia menyebutnya dengan istilah gondola.

AYO BACA : Bupati Bandung Barat Lakukan Ini untuk Tentukan Sekda

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers