web analytics
  

Begini Tips Membeli dan Merawat Sepatu Converse

Jumat, 19 Oktober 2018 07:33 WIB Rizma Riyandi

Sepatu Converse. (nscorp)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seringkali kita terkecoh saat membeli sebuah barang, terutama sepatu. Alih-alih ingin membeli alas kaki ber-merk, kita malah membeli barang KW.

Kali ini, ayobandung.com berkesempatan untuk mewawancarai Muhammad Mirza (21) yang merupakan salah satu anggota Converse Head Indonesia (CHI) Bandung untuk mengetahui beberapa tips membedakan Converse asli dan bukan.

Setidaknya ada beberapa tips, menurut Mirza, cara membedakan sepatu Converse original dengan yang palsu atau. Diantaranya, dimulai dari bentuk sepatu, bahan yang digunakan, harga, nomer SKU (kode sepatu), dan juga tag size. 

“Tapi kadang ada juga nomer SKU yang tidak tembus ketika kita cari di google. Itu karena sepatu yang dibuat di tahun 2012 kebawah. Kalau memang pengen yang tembus SKU nya bisa langsung beli di toko Converse” menurut Mirza.

Adapun cara mudah lainnya menentukan keaslian sepatu bisa dilihat dari tag size yang ada di lidah sepatu dengan cara melihat nomer seri sepatu. Jika tiga nomor ujung seri berbeda antara kanan dengan kiri, bisa dipastikan sepatu Converse anda original.

Tips membeli sepatu Converse yang paling mudah adalah dengan membelinya langsung di toko Converse. Tapi akhir-akhir ini banyak sekali penjual sepatu Converse online. Namun jangan khawatir, karena CHI juga punya tips untuk mengetahui convers asli yang dijual secara online.

“Kalo di online bisa kelihatan dari harga. Misalnya Converse seri 70s Egret keluaran terbaru beli di toko resmi 800 ribu, kalo harga reseller 850-900 ribu. Kalau yang KW dilihat dari penjual itu sendiri yang menjual barang dengan size lengkap dari 37-44 dengan harga dibawah harga toko,” tutur Mirza.

AYO BACA : CHI Bandung , Wadah Converse Lovers Kota Bandung

Jika kurang percaya terhadap online shop, ia menyarankan untuk membeli langsung di toko, walaupun ada yang lebih mahal atau lebih murah atau reseller-reseller Converse terpercaya. 

Tetapi sekarang ada alternatif lain bagi pembaca yang memiliki budget pas-pasan untuk membeli sepatu Converse second yang tentu harganya lebih murah dari harga converse yang baru. Karena, sudah mulai banyak juga yang menjual sepatu Converse second.

“Kalo beli second bisa tanya atau antar teman yang lebih tahu, kemudian minta detail foto sepatu yang mau dibeli. Cek keaslian saat sebelum barang dibeli. Jangan ketika barang sudah sampai baru di cek dan tanya teman. Ya intinya harus teliti kalo membeli yang second,” menurutnya.

Terakhir ada tips merawat sepatu Converse kesayangan anda jika terkena kotoran. Untuk sepatu berbahan kulit bisa di lap menggunakan tisu basah, kemudian jemur dibawah matahari selama 30 menit sampai satu jam agar tidak berjamur. 

Bagi pemilik sepatu berjenis suede, ini merupakan bahan yang cukup sulit untuk dirawat, namun bisa diakali dengan teknik khusus menggunakan penghapus pensil, dengan cara digosok satu arah pada sepatu anda yang kotor. 

Dan terakhir, bagi pemilik sepatu berbahan kanvas bisa di sikat-sikat biasa saja, ini cukup mudah. “ Itu kalo kotor-kotor sedikit yah, kalo sudah kotor sekali dan tidak bisa membersihkannya bisa di cuci di tempat shoes and care yang sudah banyak di kota Bandung” ucap Mirza.

Begitulah tips untuk pembaca yang baru mau membeli atau menambah koleksi sepatu anda dirumah. Semoga bermanfaat.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers