web analytics
  

Ayo Bersatu demi Sepak Bola yang Lebih Baik

Selasa, 2 Oktober 2018 10:57 WIB Netizen Netizen
Netizen, Ayo Bersatu demi Sepak Bola yang Lebih Baik, sepak bola,suporter,persib,persija,haringga sirila

Ilustrasi suporter sepak bola.(Pixabay)

Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia. Hampir semua kalangan menikmati pertandingan si kulit bundar ini, tak peduli dia pria, wanita, anak-anak ataupun orang tua.

Mereka selalu antusias mendukung tim idolanya ketika berlaga. Selalu ada ribuan supporter mengobarkan semangat para pemain ketika berlaga. Ya, sepak bola sejatinya adalah olahraga pemersatu bangsa.

Selalu ada cerita menarik di dalam maupun luar pertandingan sepak bola. Rivalitas salah satunya. Rivalitas ini sebenarnya adalah bumbu yang membuat pertandingan sepak bola itu sendiri lebih menarik.

Di Inggris yang paling terkenal rivalitas antara Manchester United dengan Liverpool, di Italia ada rivalitas  Juventus dengan Inter Milan, juga rivalitas terbesar dalam sejarah sepakbola dunia yaitu antara Real Madrid dengan Barcelona, atau biasa di kenal dengan istilah El Clasico.

Begitupun di Indonesia, banyak rivalitas terjadi antara tim-tim sepakbola kita. Tentu saja rivalitas terbesar di Indonesia yakni antara Persib vs Persija, atau juga dikenal dengan istilah El Clasico-nya Indonesia. Sayangnya rivalitas ini terjadi tidak hanya di dalam pertandingan saja, ketika pertandingan selesai pun para pendukung dari kedua belah tim, selalu saja terjadi perselisihan.

AYO BACA : Jadilah Netizen Cerdas, Demi Pemimpin yang Selaras

Perselisihan antara Bobotoh dengan The Jak sudah terjadi sejak lama.

Haringga Sirla, pemuda 23 tahun, harus kehilangan nyawa akibat rivalitas besar ini. Tewasnya Haringga ini menambah catatan kelam persepakbolaan di Indonesia.

Inilah dampak terburuk fanatisme berlebihan, kebencian yang sudah mengakar dalam diri supporter Indonesia, ketika satu nyawa terlihat tidak ada harganya sama sekali. Kebencian, amarah, dendam, pride selalu menjadi faktor terjadinya perselisihan antarsuporter.

Fanatisme pendukung sepak bola di Indonesia sudah berada di level berbeda. Jangan lagi ada perselisihan di antara suporter.

Pertandingan sepak bola harus menjadi hiburan bagi semua kalangan. Jadikan sepak bola menjadi olahraga pemersatu bangsa, bukan pemecah belah bangsa.

Penulis: Eneng Nurjanah, Mahasiswa Jurusan Jurnalistik UIN SGD Bandung

AYO BACA : Kemelut di Manchester United: Mourinho atau Pogba yang Pergi?

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Editor Ayobandung

artikel terkait

dewanpers