web analytics
  

Pemprov Jabar Godok Program Kartu Jabar Juara

Selasa, 25 September 2018 11:49 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Umum - Regional, Pemprov Jabar Godok Program Kartu Jabar Juara, Jabar, Jabar Quick Response, Kartu jabar Juara, Program Jabar

Sekertaris Daerah Pemprov Jabar, Iwa Karniwa (ayobandung.com/Eneng Reni)

AYO BACA : Ridwan Kamil Bakal Pacu Program Desa Digital

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Sejumlah program telah disiapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Salah satunya, Dinas Sosial Pemprov Jabar tengah menggodok program pengentasan kemiskinan melalui kartu Jabar Juara.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan, kartu ini akan mengisi kekurangan kartu untuk warga miskin yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat, sehingga dengan hadirnya kartu ini kebutuhan lain warga miskin yang belum ter-cover bisa terpenuhi.

Kartu Jabar Juara ini akan memuat rekapan bantuan yang nantinya bisa dimiliki warga Jabar. “Jadi Kartu Jabar Juara itu data rekapan bantuan apa saja yang sudah diterima seorang warga misalnya, baik yang dari pusat maupun provinsi,” ungkap pria yang karib disapa Emil itu, Selasa (25/9/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, bagi warga Jabar yang sudah menerima bantuan di bidang pendidikan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi akan membantu di bidang lainnya.

“Misalkan seorang warga sudah dapat bantuan pendidikan dari Pak Jokowi, maka provinsi akan memberinya bantuan di bidang kesehatan,” ucapnya.

Sederhananya, Emil menjelaskan, Kartu Jabar Juara itu bakal menyempurnakan semua bantuan, baik dari pusat maupun dari provinsi. Hal ini, kata dia, dilakukan agar semua warga prasejahtera di Jawa Barat menjadi prioritas.

“Selama dia kategori miskin, ekonomi lemah, maka kebutuhan hidupnya akan kita bantu,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Emil menegaskan setiap OPD di tataran Pemprov Jabar harus memiliki satu inovasi yang dapat membantu masyarakat Jabar. Dengan begitu, Emil meyakini jika ada 30 OPD maka bakal ada 30 inovasi.

"Makanya ini rapat pimpinan pertama saya yang detail. Karena Jabar harus juara dari berbagai sisi," katanya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Sekertaris Daerah Pemprov Jabar, Iwa Karniwa menyampaikan, konsep Kartu Jabar Juara ini merupakan bagian dari Jabar Quick Response (JQR).

Hal ini, kata Iwa, dilakukan untuk merealisasikan program dan visi misi dari gubernur dan wakilnya, Ridwan Kamil-Uu. Oleh sebab itu, secara teknis, kartu ini nantinya akan dikordinasikan dan segera diimplementasi untuk membantu masyarakat miskin di wilayah Jawa Barat.

"Kartu ini konsepnya untuk mendorong arah agar keluarga miskin bisa lebih sejahtera. Tinggal nanti kami godok di tataran teknis, implementasi dan disesuaikan dengan program terkait supaya lebih efektif dan efisien," ungkap Iwa.

Di sisi lain, Pemrov Jabar pun tengah menggodok beberapa program prioritas lainnya, di antaranya Family for Family, yakni program setiap keluarga sejahtera akan mengasuh satu warga miskin. Langkah ini diyakini bakal membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa terlalu membebani APBD.

Program lain yang tengah digodok yaitu rencana membuat program desa digital. Melalui program ini masyarakat desa bisa memiliki akses curhat kepada gubernur, memiliki situs web desa, dan memiliki koneksi internet di penjuru desa melalui wifi.

AYO BACA : Pemprov Jabar akan Sesuaikan Konten Ajar SMK dengan Era Digital

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers