web analytics
  

Tren Live Streaming Mukbang ala Milenial

Minggu, 23 September 2018 16:00 WIB Netizen Netizen

Ilustrasi mukbang.(Youtube)

Mukbang atau muk-bang adalah salah satu live streaming yang sedang menjadi populer di kalangan milennial. Secara bahasa, mukbang adalah gabungan dari dua istilah, yaitu ‘muok-da (makan) dan ‘bang-song’ (siaran). Jadi sederhananya, mukbang adalah acara makan yang disiarkan.  
 
Dalam tayangan live streaming kita bisa melihat seseorang, dan makanan dalam porsi yang cukup besar juga banyak. Ya, hanya menonton orang yang makan itu yang kita lihat ketika menyaksikan mukbang
 
Tetapi dari membuat video-video mukbang itulah para selebgram atau youtuber mampu meraup jutaan rupiah.  Bagaimana tidak, di era inilah terdapat berbagai tren aneh dalam berbagai konten video yang viral dilihat jutaan orang. Salah satunya adalah video-video mukbang.
 
Tren yang satu ini awalnya hanya populer di Korea Selatan saja, namun banyaknya orang-orang Indonesia yang mulai menyukai artis-artis korea, menjadikan salah satu penyebab bagaimana budaya ini bisa dengan mudahnya menjamur di Indonesia.
 
Kekinian makin banyak selebgram, youtuber atau bahkan orang yang merekam dirinya sedang menyantap makanan, kemudian di unggahnya ke internet. Bahkan bisa membuat video mukbang dengan makan di depan kamera yang nantinya diunggah online atau langsung secara live streaming dari Youtube maupun media sosial lainnya seperti Instagram dengan porsi makanan yang tidak seperti biasanya, yakni porsi makanannya sangat besar. 
 
Orang yang melakukan mukbang biasa disebut dengan Broadcasting Jockey atau BJ. Di Indonesia sendiri, mukbang biasanya jadi tontonan populer mungkin salah satu yang terkenalnya Dj Katty Butterfly yang selalu melakukan mukbang dengan makanan khas Indonesia mulai dari sate hingga pete. 
 
Walaupun kebanyakan BJ mukbang di Korea Selatan menyiarkan video mukbang dengan makanan pedas, mie, kimchi, ddeokbokki, hingga makanan laut seperti kepiting, lobster, dan gurita.
 
Di Indonesia justru dibuat lucu dengan kemunculan beberapa akun di media sosial Instragram yang sering memposting mukbang dengan cara makan yang tak biasa. 
 
Mukbang memang tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Banyak para Bj yang harus melakukan usaha lebih lainnya supaya tetap mendapatkan penonton di acara mukbangnya.
 
Salah satu BJ laki-laki yang terkenal di Korea Selatan adalah BJ Banzz yang rela harus olahraga selama 6-10 jam tiap harinya untuk menjaga badannya agar tetap six packs dan tidak mengecewakan penontonnya. 
 
Banyak hal yang dilakukan oleh para BJ untuk menarik jempol warganet. Mulai dari mencari sensasi dengan melahap makanan dalam porsi super jumbo (melampaui porsi orang normal), makanan yang tak lazim atau bahkan aneh seperti menghabiskan lima mangkuk besar mi instan, dua tumpuk ayam goreng atau tiga loyang besar pizza sekaligus. 
 
Menu yang dijadikan ajang mukbang memang bermacam-macam, dari mulai seafood, makanan khas Korea, Jepang, desert, bahkan fast food. 
 
Tak cukup sampai di situ, hitung saja berapa banyak para BJ memakan 50.000 kalori dalam satu waktu, atau 200 buah cabai dalam dua mangkuk mi instan, dan lain sebagainya hanya demi rating dan kepopulerannya. 
 
Seperti pada laman trending all day yang pernah menulis soal pendapatan dan rating para BJ di Korea Selatan, dimana seorang BJ bisa mendapatkan US$9.000 atau kurang lebih Rp122 juta per bulan. Pendapatan tersebut didapatkan dari jumlah viewers yang sangat banyak. 
 
Meskipun bukan acara lomba makan atau liputan kuliner ala Pak Bondan dan Bu Siska Soewitomo, mukbang ternyata punya daya tarik sendiri bagi sejumlah orang. Banyak juga orang yang mengaku mendapat kepuasan tersendiri setelah melihat mukbang. Begitulah internet yang mampu mengubah banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya konsep hiburan atau tontonan apa yang kita anggap menghibur. 
 
Penulis: Senjanis Fhaula

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Editor Ayobandung

artikel lainnya

dewanpers