web analytics
  

Terpilih Lagi Menjadi Ketua LDP, Abe Berpeluang Tiga Kali Menjabat PM

Kamis, 20 September 2018 16:50 WIB Netizen Netizen
Netizen, Terpilih Lagi Menjadi Ketua LDP, Abe Berpeluang Tiga Kali Menjabat PM, Jepang, Shinzo Abe, perdana menteri

Shinzo Abe. (REUTERS/Yuya Shino)

Shinzo Abe, 63, terpilih kembali sebagai ketua partai Liberal Demokrat (LDP) dengan mengalahkan mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba. 

Kemenangannya itu membuka jalan untuk memperpanjang kedudukannya masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Jepang untuk ketiga kalinya. 

Abe pertama kali terpilih sebagai perdana menteri pada Desember 2012. Dia mendapat dukungan mutlak dari partainya dan kelompok konservatif. Hal ini memungkinkannya menjalankan kebijaksanaan diplomatik dan ekonomi yang stabil serta berkelanjutan.

Kemenangan mutlak pada Kamis, 20/9/2018, mendorongnya untuk melanjutkan upaya mengubah konstitusi damai yang dirancang Amerika Serikat seusai Perang Dunia II. Selain membuka hubungan diplomatik dengan Korea Utara serta mengembalikan warga negara Jepang yang diculik agen-agen khusus Korea Utara. 

Parlemen akan memilih perdana menteri  pada Oktober mendatang. 

Tampaknya tidak bakal sulit bagi Abe untuk dipilih kembali karena  dua pertiga anggota parlemen berasal dari koalisi partai yang memerintah.

Sebuah hasil survei menyebut, Abe memperoleh dukungan publik yang puas dengan kebijaksanaan ekonominya. Program tiga kebijaksanaan ekonomi, yang disebut Abenomics, menerapkan kebijaksanaan moneter  ‘super easy’ untuk mengangkat perekonomian dari masa-masa deflasi, meningkatkan lapangan kerja serta indeks saham. Dua kebijaksanaan lainnya adalah, melakukan reformasi struktural dan stimulus fiskal.

Mengubah Konstitusi
Dia juga memperoleh dukungan kalangan konservatif yang mendukung rencana merevisi konstitusi yang disebut memalukan Jepang.  Dalam perdebatan di Parlemen minggu lalu, Abe menyatakan akan melakukan revisi konstitusi, meskipun dalam 70 tahun terakhir tidak satu pihakpun berhasil melakukannya. 

Abe, politisi sayap kanan, menegaskan keberadaan angkatan bersenjata Jepang harus dinyatakan secara nyata dalam konstitusi. Meskipun Abe tidak menyatakan akan menjalankan kebijaksanaan militer yang agresif, namun kapal-kapal selam Jepang akan melakukan latihan militer di Laut China Selatan. 

Menurut jajak pendapat, kebanyakan rakyat menentang perubahan konstitusi. Rakyat ingin masalah-masalah terkait ekonomi dan keamanan sosial lebih diprioritaskan.

Abe merupakan sekutu dekat Amerika Serikat. Dia juga meningkatkan kerja sama militer dan pengembangan senjata dengan Inggris, Australia, Prancis, India dan beberapa negara Asia. Sikapnya itu merupakan jawaban terhadap kegiatan militer China di kawasan Asia dan ancaman  nuklir serta peluru kendali Korea Selatan.

Masalah lain yang harus diselesaikan adalah perselisihan wilayah dengan Rusia, serta penandatanganan pakta  yang secara resmi mengakhiri permusuhan kedua negara pada Perang Dunia II. Di samping, isyu perdagangan dengan Amerika Serikat dan menyusutnya jumlah penduduk, bertambahnya penduduk berusia lanjut serta pergantian kaisar pada tahun depan.

Abe merupakan bagian dari para pihak yang ingin merevisi sejarah Jepang, termasuk membantah adalah pemaksaan dalam merekrut jugun ianfu, wanita yang menjadi korban perbudakan seks tentara Jepang pada PD II. Sikap yang memicu ketegangan dengan Korea Selatan. 

Shinzo Abe yang pernah menjabat sebagai PM pada 2006-2007, tetapi mengundurkan diri karena alasan kesehatan berasal dari keluarga politisi. Kan Abe, kakeknya, dan ayahnya Shintaro Abe merupakan politisi berpengaruh.

Shinzo Abe terjun ke dunia politik pada tahun 1993 sebagai wakil dari distrik satu Prefektur Yamaguchi. Dia terpilih dengan memperoleh suara terbanyak dalam sejarah pemilihan umum prefektur tersebut. 

Farid Khalidi

 

 

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Editor Ayobandung

terbaru

Pendidikan Seksual Bukan Hanya Tentang Seks dan Kontrasepsi

Netizen Kamis, 6 Mei 2021 | 15:36 WIB

Berbicara soal seks memang selalu menuai kontroversi dan selalu menjadi topik yang sensitif.

Netizen, Pendidikan Seksual Bukan Hanya Tentang Seks dan Kontrasepsi, Pendidikan Seksual,Seks,kontrasepsi,Oran Tua,Anak,Sex education

Ketika Rumahku Bukan Istanaku

Netizen Kamis, 6 Mei 2021 | 15:00 WIB

Apakah rumah memang tempat yang aman?

Netizen, Ketika Rumahku Bukan Istanaku, Rumahku Bukan Istanaku,Catatan Kelam Perempuan,Stress,KDRT,KDRT Secara Seksual,Perceraian

Sony Xperia, 'Limbah Jepang' yang Tak Pernah Sepi Peminat

Netizen Rabu, 5 Mei 2021 | 14:23 WIB

Walaupun secara resmi Sony sudah menarik peredaran ponselnya di tanah air, peminat dari ponsel ini justru tidak pernah s...

Netizen, Sony Xperia, 'Limbah Jepang' yang Tak Pernah Sepi Peminat, Sony Xperia,Ponsel,Teknologi,smartphone,Jepang

Anggota Perhimpunan Batavia Menulis Adat Bengang

Netizen Rabu, 5 Mei 2021 | 10:18 WIB

Apa saja kontribusi yang diberikan oleh Kartawinata selama menjadi anggota Perhimpunan Batavia?

Netizen, Anggota Perhimpunan Batavia Menulis Adat Bengang, Anggota Perhimpunan Batavia,Adat Bengang,Raden Kartawinata,Bataviasch Genootschap voor Kunsten en Wetenschappen (BGKW)

Mengapa Mudik?

Netizen Selasa, 4 Mei 2021 | 12:55 WIB

Meski kini pemerintah melarang mudik. tradisi mudik ini tidak akan pernah berhenti pada satu generasi.

Netizen, Mengapa Mudik?, Mudik,Larangan Mudik,Mengapa Mudik?

Sudah Tahu Instrumen Investasi Kalangan Kpopers? Harganya Luar Biasa!

Netizen Selasa, 4 Mei 2021 | 12:35 WIB

Segala hal langka yang diincar para Kpopers bisa dihargai amat mahal.

Netizen, Sudah Tahu Instrumen Investasi Kalangan Kpopers? Harganya Luar Biasa!, Instrumen Investasi Kalangan Kpopers,Kpopers,Korean Pop,photocard,photobook

Dilecehkan di Ranah Daring, Pengguna Internet Harus Bagaimana?

Netizen Selasa, 4 Mei 2021 | 11:55 WIB

Kejahatan di ranah digital yang saat ini banyak dilaporkan adalah Kekerasan Berbasis Gender Online, atau yang biasa dise...

Netizen, Dilecehkan di Ranah Daring, Pengguna Internet Harus Bagaimana?, Ranah Daring,Pelecehan,Kekerasan Berbasis Gender Online,KBGO,psikologis,Mental

Menjadi Pion Utama di Bawah Nasib Buruk Perfilman Indonesia

Netizen Senin, 3 Mei 2021 | 14:10 WIB

Sebab, pion utama dalam sebuah film ialah seorang produser.

Netizen, Menjadi Pion Utama di Bawah Nasib Buruk Perfilman Indonesia, Perfilman Indonesia,Nasib Buruk Perfilman Indonesia,Pion Utama,Produser,Film

artikel terkait

dewanpers