web analytics
  

Tetap Tampil Gaya dengan Gamis Kasual June

Selasa, 4 September 2018 13:48 WIB Fathia Uqimul Haq

Salah satu koleksi June. (Fathia Uqim/ayobandung)

PANYILEUKAN, AYOBANDUNG.COM--Tren hijab syari yang dipadupadankan dengan gamis untuk para muslimah tengah naik dan sejak setahun terakhir.  Para penggiat industri fesyen berlomba-lomba untuk memasarkan baju muslimah yang trendi dan nyaman dipakai. 

Salah satunya adalah merek june. Anita Hakim (24) meraup pasar muslimah dengan mengembangkan produk fesyen yaitu gamis dan kerudung instan yang senada. Memakai bahan berkualitas membuat gamis karya june tidak sembarangan. 

Wanita lulusan Kriya Tekstil dan Desain 2012 ini memulai bisnisnya sejak 2014. Anita memulai penjualan lewat Blackberry Messenger. Produknya berupa baju gamis, kerudung panjang, setelan, rok, sampai atasan. 

"Ciri khas june itu kasual dan santai untuk keseharian. Warnanya tegas dan bukan pastel seperti kebanyakan," kata Anita, Selasa (4/9/2018). 

Dia menggunakan bahan linen dan katun untuk produksi bajunya. Jahitannya tidak sembarangan, serta desainnya apik dan tidak ribet. june menunjukkan gaya kasual muslimah, elegan, dan berani. 

"Meskipun bajunya kasual, kita masih menggunakan bahan bertesktur salur untuk menambah kesan elegan, tapi tetap nyaman," katanya. 

Anita membuat setelan gamis untuk para remaja ke dewasa, muslimah di bawah usia 30 tahun.

Selain produksi setelan gamis kasual, beberapa waktu lalu pun june menerima custom kerudung, baju keluarga, dan baju custom lebaran.  

"Paling laris itu gamis, mau gamis apapun tetap diburu pembeli," kata ibu satu anak ini. 

Pembeli kebanyakan ingin mendapatkan baju dengan satu tampilan lengkap. Mulai dari gamis dan kerudung yang senada, atau rok dengan atasannya. 

Aneka warnanya pun bervariasi. Mulai dari coklat, hijau tentara, biru dongker, mustard, dan marun.

Kisaran harga kerudung june Rp100.000. Untuk baju satu set dibanderol Rp370.000.

"Baju muslimah sekarang sudah menjadi kebutuhan. Banyak orang yang berjualan seperti ini tetapi june punya bahan dan jahitan yang telaten," ujarnya. 

Kadang-kadang, pembeli selalu kalap ketika melihat gamis murah. Seketika melihat harga gamis june, tak jarang dikatakan mahal. Padahal bahan dan kualitas tidak pernah berbohong. "Kalau belanja online pasti gitu kekurangannya. Orang enggak bisa nyentuh barangnya," katanya. 

Kendati bersaing dengan  ribuan pasar yang sama, june yang di instagram dikenal june.on  tetap mempertahankan imaji dan ciri khas june di setiap detail karyanya. Dia tidak mau sekadar ikut-ikutan tren sehingga tidak memberikan kualitas yang apik. 

"Solusinya kita tetap berjualan dalam keadaan apapun supaya pembeli tetap merasakan kehadiran kita. Jangan mengikuti arus yang tiba-tiba sekejap saja berhenti karena ingat lagi tujuan awal membuat ini untuk apa," jelasnya. 

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers