web analytics
  

5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari

Selasa, 4 September 2018 10:07 WIB Nur Khansa Ranawati
Gaya Hidup - Sehat, 5 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari, 5 kebiasaan pagi, orang sukses

Ilustrasi. ( Unsplash.com).

DAGO, AYOBANDUNG.COM--Bila menelisik kehidupan orang-orang sukses di dunia dalam berbagai bidang, ada satu kesamaan yang mereka miliki dalam hidupnya, yakni rutin melakukan “ritual” pagi sebelum memulai aktivitasnya.

Ritual tersebut tak lain merupakan kebiasaan positif yang dilakukan sehabis bangun tidur agar dirinya dapat menjalani hari dengan lebih sehat dan produktif.

Dilansir dari Forbes (4/9/2018), berikut lima kebiasaan pagi mereka yang dapat Anda contek:

1. Olahraga

Teratur melakukan olahraga tiap pagi sebelum beraktivitas dinilai mampu meningkatkan produktivitas, bahkan lebih efektif dari secangkir kopi.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama selalu memulai paginya dengan berlatih kardio. Hal serupa juga dilakukan CEO Twitter, Jack Dorsey, yang melakukan olahraga selama tujuh menit dalam tiga seri sebagai rutinitas pagi. Berolahraga di pagi hari juga mampu melancarkan sirkulasi darah, membakar lebih banyak lemak, sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Menulis Jurnal

Memulai pagi dengan menulis diary atau jurnal memiliki beberapa keuntungan, di antaranya membantu mengurai pikiran yang semrawut, hingga meningkatkan fokus dan kreativitas. Aktris dan model Cara Delevigne adalah salah satu orang sukses yang menerapkan kebiasaan ini.

Mulailah dengan menuliskan apapun yang terbesit di kepala ketika bangun tidur, merefleksikan hal yang terjadi di kemarin hari maupun menulis rencana untuk hari tersebut.

3. Mencari motivasi diri

Ada hal sederhana yang dilakukan CoFounder Apple, Steve Jobs, setiap pagi sebelum memulai hari. Ia akan bertanya pada dirinya sendiri lewat cermin, “Jika hari ini adalah hari terkahir saya hidup di dunia, apakah saya masih mau mengerjakan hal yang akan saya kerjakan hari ini?” Menurutnya, bila jawabannya adalah “tidak” dalam beberapa hari berturut-turut, maka ia perlu mengubah sesuatu.  

Benjamin Franklin pun memiliki kebiasaan serupa. Ia akan bertanya pada dirinya, “Hal baik apa yang saya lakukan hari ini?” Cara ini membantu kita untuk tetap termotivasi dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan tujuan besar kita sepanjang hari.

4. Meditasi

Pendiri media Huffington Post, Ariana Huffington, getol bermeditasi selama 30 menit setiap pagi sebelum memulai aktivitas. Rutin melakukan meditasi pagi dinilai mampu mengurangi stres, menyeimbangkan emosi, dan menguatkan sistem imun tubuh.

5. Konsumsi makanan sehat

Pembawa acara sekaligus selebriti ternama, Oprah Winfrey tidak pernah melewatkan saparan bernutrisi setiap pagi, yang terdiri atas protein seimbang serta karbohidrat kompleks. Baginya, tubuh kita bekerja selaiknya mesin; tidak akan berjalan bila tidak diberi “bahan bakar”. Sarapan sehat adalah kuncinya untuk tetap berenergi.

Kelima ritual pagi ini juga dapat Anda kombinasikan dengan hal lainnya, seperti berjalan kaki mengelilingi perumahan, misalnya. Selamat mencoba!

Editor: Andri Ridwan Fauzi
dewanpers