web analytics
  

Iduladha, Permintaan Busana Muslim Mulai Bergairah

Selasa, 21 Agustus 2018 18:17 WIB Anggun Nindita Kenanga Putri

Busana Muslim. (Anggun/ayobandung)

MARGAHAYU RAYA, AYOBANDUNG.COM -- Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, bukan hanya penjualan hewan kurban saja yang meningkat. Aktivitas jual beli di beberapa pusat perbelanjaan di Bandung pun mulai diminati. Seperti yang terjadi di pusat perbelanjaan Metro Indah Mall (MIM), Selasa (21/8/2018).
 
Salah satu penjaga kios di MTC, Ana Sani (21 tahun), tampak sibuk menghadapi konsumen yang datang. Menurutnya pengunjung hari ini lebih ramai dibandingkan dengan dua hari sebelumnya. "Lumayan ramai karena besok kan mau Idul Adha. Dibandingkan sama hari-hari biasa," katanya saat ditemui di kios "Dini Busana".
 
Dia mengaku pengunjung mulai ramai mencari busana untuk Idul Adha saat akhir pekan kemarin. "Puncaknya mungkin pas hari Sabtu ya. Karena libur jadi banyak pengunjung juga. Kalau dibandingkan sama awal bulan itu pas mau Idul Adha naik 15-20 persen keuntungannya," ucapnya.
 
Meski ada kenaikan jumlah pengunjung, namun hasil penjualan tidak sebaik saat tahun lalu. Ana memprediksi, jumlah pengunjung turun dibandingkan tahun lalu, merupakan dampak dari daya beli masyarakat yang semakin berkurang.
 
"Kalau dari tahun lalu ada penurunan sih. Mungkin kalau tahun lalu Idul Adha nya itu jatuh sesudah akhir bulan. Orang sudah gajihan. Kalau sekarang kan pas tengah bulan," ucapnya.
 
Hal senada juga diungkapkan,  pedagang busana muslim lainnya di pusat perbelanjaan Ujungberung Town Square (Ubertos), Jufriana (56 tahun). Dia mengaku bisa mengantongi omzet 5-10 persen lebih banyak mendekati momen Idul Adha.
 
Barang yang dijual olehnya juga lebih variatif, tidak hanya sebatas pakaian. Ia juga menjual kerudung, mukena, dan baju koko. "Yang banyak diminati itu gamis atau abaya. Tapi kalau untuk wanita itu sekarang banyak mencari kerudung bahan polyester," katanya.
 
Selain kerudung berbahan polyester, hijab instan bergo juga menjadi yang banyak dicari oleh pengunjung. "Karena bahannya adem dan praktis jadi sekarang kerudung bergo yang banyak dicari," ungkapnya.
Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers