web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Selain Kali Item, Ini 5 Tempat di Dunia dengan Bau Paling Menyengat

Selasa, 24 Juli 2018 10:06 WIB Andres Fatubun

Tinja brecampur sampah di saluran pembuangan di Kota London. (BBC)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Menghadapi gelaran Asian Games 2018 yang tinggal kurang dari sebulan, Jakarta yang kebagian sebagai tuan rumah menghadapi masalah serius. Kali Sentiong atau lebih populer disebut Kali Item yang mengalir di samping wisma tempat para atlet menginap mengeluarkan aroma tak sedap.

Bicara soal bau, disitat dari traveller, ada lima tempat di dunia ini yang mengeluarkan bau paling menyengat. Bahkan salah satunya berada di Indonesia. Apa saja kelima tempat tersebut, berikut daftarnya.

AYO BACA : Yamaha Lexi, Si Seksi yang Irit Makin Diminati

1. Pulau Funen, Denmark
Sekelompok arkeolog di Denmark suatu waktu melakukan penggalian di Pulau Finen. Tanpa sengaja mereka menemukan dua toilet yang diperkirakan sudah berusia 700 tahun dalam keadaan yang masih baik. Bahkan hingga ke tempat penampungan tinja pun kondisinya masih baik. Sejumlah pakar pun tertarik dengan temuan tersebut. Mereka mencari tahu apa yang dimakan oleh warga di Pulau Funen tersebut di abad pertengahan dengan memeriksa kotorannya.

2. Pulau Seal, Afrika Selatan
Pulau Seal terletak di teluk False di Cape Town, Afrika Selatan. Sesuai namanya, pulau tersebut dihuni oleh singa laut yang jumlahnya mencapai 60.000-an ekor. Ekosistem singa laut tersebut mengeluarkan bau perpadauan antara daging, ikan busuk, dan tinja. Meski mengeluarkan bau menyengat, ternyata tempat tersebut menjadi objek wisata.

AYO BACA : Ini Obat Alami untuk Menghilangkan Bau Mulut

3. Kawah Ijen, Indonesia
Kawah Ijen merupakan salah satu objek wisata terkenal di Pulau Jawa. Meski mengeluarkan bau belerang yang menusuk hidung, tempat yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Bondowoso ini tak pernah sepi dari wisatawan, khususnya anak muda. Bagi sebagian orang, bau belerang yang seperti bau kentut atau telur busuk ini bisa menyebabkan pusing, mual, hingga muntah. 

4. Saluran pembuangan bawah tanah di London
Apa jadinya ketika kotoran ribuan manusia bercampur dengan minyak, bekas pembalut, cairan lemak, dan hal yang menjijikan lainnya. Itulah yang terjadi di saluran pembuangan bawah tanah di London. Pada tahun 2003, aroma busuk menjalar keluar dari saluran pembuangan. Setelah diselidiki, petugas kebersihan menemukan bongkahan raksasa atau yang disebut Fatberg seberat 15 ton atau seukuran sebuah bus menyumbat saluran pembuangaan. Bongkahan tersebut terbentuk dari kotoran manusia, sampah, dan kotoran lainnya selama bertahun-tahun lamanya. Butuh empat hari bagi petugas kebersihan untuk membersihkannya.

5. Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo
Sebelum direlokasi ke kawasan Toyosu, pasar ikan Tsukiji adalah pasar ikan terbesar dan tersibuk di dunia. Pasar ini beroperasi mulai pukul 03.00 dini hari hingga pagi. Bau anyir menusuk hidung sudah menyergap hidung sebelum matahari terbit. Bagi warga setempat bau tersebut sudah menjadi barang biasa. Maklum Pasar Tsukiji sudah ada sejak 20 generasi lampau.

AYO BACA : Siap Kelepek-kelepek dengan Lima Zodiak Paling Seksi Ini

Editor: Andres Fatubun
dewanpers