web analytics
  

Besok, Pemkot Bandung Gelar Operasi Yustisi

Kamis, 21 Juni 2018 17:55 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Besok, Pemkot Bandung Gelar Operasi Yustisi, operasi yustisi, pemkot bandung, data pendatang kota bandung

Ilustrasi -- Petugas Disdukcapil saat melakukan operasi yustisi di Terminal Cicaheum, Bandung, Juli 2015. (Ramdhani/ayobandung)

WASTUKANCANA, AYOBANDUNG.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung bakal menggelar operasi yustisi pada Jumat (22/6/2018) besok. Operasi ini dilakukan untuk mendata warga yang keluar maupun masuk ke Kota Bandung. Disdukcapil pun bakal memilih dua titik operasi yaitu Terminal Cicaheum dan Stasiun Kiaracondong.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni menyampaikan, untuk tahun 2018 ini, peningkatan penduduk yang datang ke Kota Bandung tergolong kecil. 

"Kami belum mengolah data tahun ini. Tetapi tahun lalu, peningkatannya juga hanya 0,006%. Jadi tidak terlalu signifikan sebetulnya," jelas Popong di Balai Kota Bandung, Kamis (21/6/2018).

Ada tiga syarat jika ingin datang ke Kota Bandung. Pertama, pendatang harus memiliki tujuan yang  jelas saat datang ke Kota Bandung, apakah untuk bekerja atau sekolah. Kedua, pendatang harus memastikan penjaminnya yang berada di Kota Bandung, baik itu tempat tinggal maupun kebutuhannya. Terakhir, pedatang harus memiliki keterampilan maupun materi yang cukup untuk hidup di Bandung. 

"Tiga syarat itu harus ada buat perantau yang datang ke Kota Bandung. Insya Allah jika terpenuhi, siapa pun yang datang ke Bandung akan lancar," jelas Popong. 

Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin menambahkan, operasi ini akan melibatkan anggota Satpol PP, Disdukcapil, dan Dinas Perhubungan Kota Bandung serta seluruh aparat kewilayahan untuk mendata pendatang.

"Saya sudah bicara dengan aparat kewilayahan, Disdukcapil, dan Satpol PP, untuk laksanakan operasi tersebut," ujar Solihin.

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers