web analytics
  

Arus Mudik Diprediksi Mulai 9 Juni, Begini Persiapan Terminal Cicaheum

Selasa, 5 Juni 2018 16:46 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Umum - Ramadhan, Arus Mudik Diprediksi Mulai 9 Juni, Begini Persiapan Terminal Cicaheum, arus mudik lebaran 2018, arus mudik terminal cicaheum, terminal cicaheum, puncak arus mudik bandung

Ilustrasi -- Hilir mudik di Terminal Cicaheum, Bandung, Selasa (5/6). (Eneng Reni/ayobandung)

CICAHEUM, AYOBANDUNG.COM—Sepuluh hari jelang Lebaran 2018, belum terlihat adanya pergerakan arus mudik di Terminal Cicaheum, Kota Bandung. Diprediksi, pergerakan arus mudik baru akan terjadi pada 9-10 Juni mendatang.

"Sekarang, kan, liburnya 12 hari, prediksi arus mudik itu dari hari H-7 dan H-6 mulai ada pergerakan angkutan di Terminal Cicaheum. Atau di Sabtu-Minggu, tanggal 9 dan 10 Juni karena minggu depan, kan, sudah memasuki masa libur," ungkap Kepala Terminal Cicaheum, Roni Suhermanto, Selasa (5/6/2018).

Berdasarkan hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya, puncak mudik di Terminal Cicaheum terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.

Menjelang puncak arus mudik ini, pengelola Terminal Cicaheum bakal mengantisipasi peningkatan pergerakan calo tiket bus. Roni mengimbau agar masyarakat tidak membeli tiket pada calo dan hanya membeli tiket di loket resmi yang tersedia di perusahaan otobus masing-masing.

"Tapi untuk calo, tahun demi tahun semakin tidak ada, karena penumpangnya juga mungkin sudah mengetahui ada loket, beli tiket bisa via online, dan sebagainya," ujar Roni.

Sekadar informasi, untuk arus mudik Lebaran 2018, Terminal Cicaheum menyiapkan sebanyak 191 unit terdiri dari 109 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan 83 bus antarkota dalam provinsi (AKDP). Bukan hanya itu, 30 bus bantuan yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. 

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers