web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Tanam 32.000 Pohon

Selasa, 5 Juni 2018 13:23 WIB Andri Ridwan Fauzi

Simbolis penanaman pohon oleh Manajer PLN UPP Kit JBT 2 Arie Nugrohi didampingi Camat dan Muspika Jatigede, Selasa (5/6/2018). (istimewa)

SUMEDANG, AYOBANDUNG.COM--Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, PT PLN melaksanakan penanaman pohon di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke pada Selasa (5/6/2018). Program ini menargetkan sebanyak 32.000 pohon ditanam oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia.

Di Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I dan Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 2 bersama kalangan pelajar dan masyarakat setempat juga turut berpartisipasi dengan menanam sebanyak 1.000 batang pohon di empat titik lokasi, yaitu Lokasi Regulating Dam yang berada di area proyek PLTA Jatigede, lokasi Kawasan Wisata Tegal Jarong di Desa Cijeungjing yang merupakan kawasan wisata binaan CSR PLN UIP JBT I, serta di lokasi Resettlement Warga Terkena Proyek yaitu daerah Blok Panaekan dan Blok Pangaritan. 

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Manajer PLN UPP Kit JBT 2 Arie Nugroho, Supervisor Sub Bidang K3L PLN UIP JBT I Gagah Nurjaman, Camat Jatigede Sahna beserta anggota Muspika Jatigede dan 15 orang pelajar dari SD Negeri Parakan Kondang.

Manajer PLN UPP Kit JBT 2, Arie Nugroho menyatakan, aksi program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.

"PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggung jawab melestarikan lingkungan sekitar. Program ini merupakan salah satu upaya PLN dalam menjaga lingkungan khususnya di daerah sekitar proyek. Harapannya pohon ini dapat tumbuh subur dan hasilnya dapat dimanfaatkan khususnya oleh masyarakat Jatigede, bahkan hingga beberapa tahun ke depan," ucapnya.

Selaras dengan program penggiat lingkungan, untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. Salah satu manfaat dari diadakannya program ini adalah untuk menjaga ketersediaan air tanah, menjaga kualitas udara di sekitar proyek, dan melestarikan tumbuhan khas lokal.

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan, mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat, dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup. 

"Bantuan 1000 pohon yang diberikan oleh PLN ini tentu akan kami jaga sebaik mungkin hingga berbuah dan tumbuh besar. Meski baru ditanam, kami sudah bisa merasakan manfaatnya bagi warga kami." kata Camat Jatigede, Sahna.

Selain itu, program penanaman pohon ini juga merupakan pemenuhan terhadap kuisioner maturity level K3L PT PLN (Persero) Tahun 2018. Program ini adalah lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya yang merupakan salah satu aksi dalam mencapai target PLN Peduli Lingkungan.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon adalah Rp4,64 Miliar. Selain bantuan bibit pohon, PLN juga memberikan bantuan pupuk dan biaya pemeliharaan agar pohon dapat tumbuh dengan baik.

Sebagai informasi, total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia pada 2018 adalah sebanyak 56.000 pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Diharapkan dengan dilaksanakannya program ini, lingkungan di sekitar khususnya di daerah proyek dapat menjadi lebih hijau, rindang, dan sejuk sehingga dapat berkontribusi dalam mengurangi terjadinya pemanasan global di Indonesia. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi
dewanpers