web analytics
  

5 Hewan yang Puasanya Ngalahin Kemampuan Manusia

Kamis, 24 Mei 2018 12:17 WIB Arditya Pramono

Lung Fish. (pixabay)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM--Umat Muslim di seluruh dunia kini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Rata-rata mereka sanggup melakukan puasa sekitar 13-14 jam sehari. Tak hanya manusia, ternyata sejumlah hewan mampu berpuasa bahkan dengan waktu yang lebih lama daripada manusia. 

Dikutip dari top10listland.com berikut Ayobandung jelaskan lima hewan yang sanggup tidak makan dengan waktu yang lama. 

1. Olm
Olm adalah amfibi yang hidup di air pada gua bawah tanah di wilayah Italia, Kroasia, dan Slovenia. Olm tidak memiliki pigmen kulit dan memiliki mata yang tidak berfungsi dengan baik. Namun, pendengaran dan penciuman Olm sangat fantastis.

Olm memangsa kepiting kecil dan siput. Hewan ini menyimpan makanan di dalam tubuh sebagai lipid dan glikogen. Ketika tidak ada makanan, tubuh mereka akan dengan sendirinya menurunkan tingkat metabolisme dan hidup dari cadangan nutrisi. 

Dengan kemampuan tersebut, Olm sanggup berpuasa selama 10 tahun tanpa makan. 

2. Lung Fish
Sesuai dengan namanya lungfish, ikan ini memiliki sistem pernapasan cadangan dengan menggunakan paru-paru. Ikan Lungfish merupakan ikan yang berasal dari spesies keluarga Ceratodontidae dan Lepidosirenidae. Habitat asli ikan ini berada di wilayah sungai yang ada di pedalaman Afrika, Australia dan Amerika Selatan. Akan tetapi, populasi dari ikan ini dikabarkan sudah hampir punah, sehingga ikan ini dinobatkan sebagai salah satu ikan terlangka di dunia. Lungfish bisa hidup tanpa makanan selama empat tahun. 

3. Buaya
Buaya merupakn spesies reptil kuno yang secara teratur mampu bertahan hidup dengan waktu yang lama tanpa makanan.

Buaya mengandalkan suhu eksternal untuk mengatur suhu tubuh internal mereka. Buaya tidak membutuhkan makanan untuk mempertahankan metabolisme. 

Mereka menjadi lebih aktif pada saat cuaca panas dan kurang aktif di musim dingin. Buaya sangat efisien dalam menyimpan energi di tubuh mereka dan mampu makan dalam sekali waktu dengan porsi besar. Kemampuan tersebut membuat buaya mampu tidak makan selama tiga tahun. 

4. Laba-laba
Di urutan ke empat ada laba-laba. laba-laba memiliki metabolisme yang rendah dibandingkan dengan makhluk lain. Metabolisme yang rendah tersebut sesuai dengan ekosistem mereka dan berpengaruh terhadap kemapuan mereka menghentikan proses metabolisme dalam waktu lama. 

Contohnya Laba-Laba Kelinci Hutch (Steatoda Bipunctata) yang mampu tidak makan selama 18 bulan. 

5. Katak
Katak memiliki kemampuan untuk bernapas melalui kulit mereka dan dapat bertahan hidup di bawah kondisi yang minim sumber makanan. Dalam kondisi yang sulit, katak dapat bertahan hidup dengan tidak mengonsumi makanan dan minuman selama 16 bulan.

Editor: Andri Ridwan Fauzi

artikel lainnya

dewanpers