web analytics
  

Kopi Jabar: Tidak Hanya Cisanti, Gunung Wayang Juga Punya Kopi Khas

Minggu, 13 Mei 2018 19:33 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Kopi Jabar: Tidak Hanya Cisanti, Gunung Wayang Juga Punya Kopi Khas, Gunung Wayang, Situ Cisanti, Kopi Rasamala, Sungai Citarum

Kopi Rasamala. (Mildan Abdalloh/ayobandung)

KERTASARI, AYOBANDUNG.COM--Situ Cisanti menjadi sorotan nasional bahkan dunia karena danau di kaki Gunung Wayang tersebut, merupakan KM 0 Sungai Citarum yang mendapat predikat sungai terkotor di dunia.

Pembenahan terus dilakukan semua pihak sehingga kini Situ Cisanti perlahan berubah. Airnya jernih dan dihuni pelbagai jenis ikan.

Situ Cisanti menjadi daerah yang khas bagi masyarakat Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Namun ternyata sekarang bukan hanya Cisanti saja yang menjadi terkenal. Gunung Wayang juga menjadi populer karena mempunyai kopi jabar yang khas bernama Rasamala.

Rasamala adalah kopi jabar yang diproduksi oleh warga Desa Cibeureum, sebuah Desa yang berada tidak jauh dari Situ Cisanti.

"Diberi nama Rasamala sesuai dengan pohon tegakannya, yakni Rasamala," tutur Yanto salah satu penggagas Kopi Rasamala kepada ayobandung, Minggu (13/5/2018).

Tegakan pohon keras memang mempengaruhi rasa kopi. Menurut Yanto sepengetahuannya di Indonesia hanya ada satu daerah yang mempunyai kopi dengan tegakan Rasamala.

"Hanya ada di sini dan NTT," ucapnya.

Dengan demikian, maka Kopi Rasamala merupakan kopi khas Gunung Wayang. Kopi jabar tersebut memang mempunyai rasa yang khas dan berbeda dengan kopi yang banyak terdapat di Kabupaten Bandung seperti Puntang, Malabar atau Manglayang.

"Lebih kuat di rasa rempah-rempahnya," imbuhnya.

Menurut Yanto, kopi Rasamala yang diproduksi warga Desa Cibeureum baru berjalan beberapa bulan, setelah satu tahun lamanya berproses.

Pada awalnya dia bersama empat orang rekannya melihat potensi pohon kopi yang berada di tengah-tengah pohon rasamala. Lima orang warga Desa Cibeureum tersebut kemudian patungan untuk memproduksinya, sambil bereksperimen dan menyekolahkan beberapa anak muda untuk menjadi barista.

Sebagai warga lokal, Yanto bersama teman-temannya membawa semangat gunung wayang, selain memberi nama Rasamala, mereka membuat sebuah slogan 'Dari Gunung Wayang Untuk Indonesia'.

Semangat dari slogan tersebut tidak berlebihan, mengingat banyak pecinta kopi dari pelbagai pulau yang memesan kopi dari daerah penghasil sayuran tersebut.

"Penjualannya memang belum terlalu besar tapi sudah lumayan. Kebanyakan yang membeli melalui facebook kami yaitu kopi rasamala," ungkapnya.

Kertasari memang terkenal dengan Situ Cisanti dan sayuran merupakan mata pencaharian sebagian besar penduduknya, namun kini Kaki Gunung Wayang tersebut mempunyai Kopi Rasamala yang menjadi kopi khas KM 0 Sungai Citarum.

 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

artikel terkait

dewanpers