web analytics
  

Arus Mudik Lebaran 2018 Dijamin Aman dan Lancar

Senin, 7 Mei 2018 16:08 WIB Faqih Rohman Syafei
Umum - Ramadhan, Arus Mudik Lebaran 2018 Dijamin Aman dan Lancar, arus mudik lebaran 2018, arus mudik idulfitri 2018

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (Eneng Reni/ayobandung)

CIREBON, AYOBANDUNG.COMArus mudik lebaran 2018 dijamin berjalan aman dan lancar. Sejumlah persiapan telah dilakukan Polda Jabar guna mendukung hal tersebut.

Polda Jabar sendiri akan bekerja sama dengan beberapa instansi terkait, mulai dari Kementerian Perhubungan, pengelola jalan tol, dan lain sebagainya. “Pertengahan bulan puasa akan dilakukan survei terakhir untuk mengecek semuanya,” ujar Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolres Cirebon, Senin (7/5/2018).

Masyarakat tak perlu khawatir untuk fasilitas dan akses jalan tol. Sebab, kini jalan tol menuju kawasan Jawa Tengah telah tersambung hingga Kabupaten Pemalang. Para pemudik dipersilakan untuk memanfaatkannya. “Insya Allah tol relatif aman karena sudah sampai Pemalang,” kata Agung.

Namun, lanjut Agung, ada beberapa hal yang masih perlu dikhawatirkan. Di antaranya akses jalur tengah dan selatan Jabar yang terbilang sempit dan tak bisa diperlebar lantaran terbentur oleh kondisi alamnya. “Jalur tengah dan selatan karena kitu-kitu wae (begitu-begitu saja), tidak mungkin dilebarkan,” katanya.

Agung mengatakan, sejumlah pihak ikut memberikan bantuan guna melancarkan arus mudik di wilayah selatan Jabar. Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Garut yang memberikan subsidi sebesar Rp100.000 per orang kepada 600 pengendara delman Limbangan selama dua pekan untuk tidak beroperasi.

“Rp600 juta disiapkan untuk bantuan tersebut. Ini merupakan bentuk sinergi dengan dukungan pemda, dan mudah-mudahan tidak terlalu macet di Limbangan,” pungkas Agung.

Editor: Asri Wuni Wulandari
dewanpers