web analytics
  

Ini Penyebab Mulut Bau Saat Bangun Tidur?

Senin, 30 April 2018 09:20 WIB Hengky Sulaksono
Bandung Raya - Bandung, Ini Penyebab Mulut Bau Saat Bangun Tidur?, bau mulut

Ilustrasi. (pixabay.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Pemandangan sepasang insan berciuman saat bangun tidur hanya mungkin terjadi dalam adegan-adegan film. Adegan semacam itu nampak mengaggumkan. Namun pada kenyataannya, hal tersebut sangat sulit diterima dan dilakukan di kehidupan nyata. Apa pasal? Sebab mulut kamu mengeluarkan bau tak sedap setiap kali bangun tidur. 

Embusan napas bau naga dan makanan basi menjadi aroma yang dominan menyeruak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tak berdekatan dengan orang lain saat bernapas selepas bangun tidur. Kenapa napas kamu bau saat bangun tidur? Mungkin jawabannya adalah karena selama waktu tidur delapan jam, kamu tidak menggosok gigi. Namun, bukankah hal yang sama juga kamu lakukan saat terjaga, tapi aroma napas masih bisa terkendali.

Penjelasan kenapa aroma embusan dari mulutmu tak mengenakan, kata salah seorang dokter gigi di Manhattan, Mazen Natour, disebabkan lantaran tidak diproduksinya air liur selama tidur. Air liur, biasanya berguna untuk menetralisasi bakteria pemicu bau. Jadi ketika kamu tidur dan tak memproduksi air liur, bakteri penyebab bau busuk bisa berkembang biak dan beraksi maksimal.

Semakin kering mulut kamu saat hendak terlelap tidur, semakin besar kemungkinan munculnya bau tak sedap saat bangun di pagi hari. Bernapas melalui mulut, mendengkur, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berkontribusi pada kekeringan, yang membuat aroma napas pagi kamu makin memuakkan. 

Dalam beberapa kasus, kondisi napas bau ini sesungguhnya terbilang normal dan tak perlu dikhawatirkan. Namun dalam situasi tertentu, napas bau ini juga bisa mengindikasikan adanya gejala gangguan kesehatan yang lebih parah. Biasanya napas bau juga muncul saat kamu mengalami pembusukan gusi, yang berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Lain waktu, hal tersebut mengindikasikan keberadaan infeksi abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD.

Jika kamu ingin agar napasmu bisa lebih manusiawi saat pagi hari, pastikan kamu menggosok gigi dan tak menyisakan sedikit pun makanan di dalam rongga mulut. Sebabnya, keberadaan sisa-sisa makanan bakal membuat bakteri berkembang lebih baik, yang pada gilirannya membuat aroma napas kamu lebih "biadab".

Tag
Editor: Andri Ridwan Fauzi

artikel terkait

dewanpers