web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kunjungi Keraton Kasepuhan, Kang Uu Fokus Kembangkan Wisata Budaya

Sabtu, 28 April 2018 20:54 WIB Faqih Rohman Syafei

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengunjungi Keraton Kasepuhan, Cirebon, Sabtu (28/4). (Faqih Rohman/AyoMedia)

LEMAHWUNGKUK, AYOBANDUNG.COM—Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum, menyambangi Keraton Kasepuhan, Cirebon, Sabtu (28/4/2018). Kunjungannya kali itu dilakukannya sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah dan budaya di Kota Udang.

Dalam kunjungannya, pria yang akrab disapa Uu ini menyempatkan diri untuk melakukan salat di Langgar Alit yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah keluarga keraton yang dibangun pada 1529 silam. Selain itu, dia juga mengunjungi Museum Keraton Kasepuhan Cirebon untuk mengetahui peninggalan-peninggalan sejarah keraton. 

Kang Uu begitu antusias saat melihat barang-barang pusaka bersejarah milik keraton. Mulai dari kereta Singa Barong, baju zirah, gamelan, senjata klasik dan lain sebagainya. Dia juga sempat berfoto di depan lukisan Prabu Siliwangi.

Menurut Kang Uu, sejumlah keraton yang ada di Cirebon harus dilestarikan sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah dan budaya bangsa Indonesia. "Keraton ini perlu dilestarikan, karena raja atau sultan sudah legowo menyerahkan kekuasaan kepada pemerintah demi tegaknya NKRI," ungkapnya kepada awak media di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (28/4/2018).

Kang Uu mengatakan bahwa dia bersama Ridwan Kamil sangat menaruh perhatian pada pengembangan sektor pariwisata yang dimiliki Cirebon. Di Jabar, katanya, banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan.

"Cirebon yang dijuluki sebagai Kota Wali mempunyai banyak potensi dalam wisata religi, seperti Makam Sunan Gunung Jati dan lainnya, termasuk juga cagar budaya, yaitu keraton," kata Kang Uu. 

Rindu sendiri akan memberikan perhatian berupa pemeliharaan sarana dan prasarana lokasi wisata. “Bila diberikan amanah untuk menjabat, kami akan prioritaskan seni dan budaya,” kata Kang Uu.

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel lainnya

dewanpers