web analytics
  

5 Pesepak Bola Tanpa Kartu Kuning dan Merah

Kamis, 5 April 2018 11:13 WIB Arfian Jamul Jawaami
Olahraga - Sport, 5 Pesepak Bola Tanpa Kartu Kuning dan Merah, pemain sepak bola tanpa kartu wasit, kartu wasit, kartu kuning wasit, kartu merah wasit

Gary Lineker. (Reuters)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Gelandang asal Kolombia, Gerardo Bedoya, jadi pemegang rekor kartu merah terbanyak di dunia dengan 46 koleksi. Peringkat kedua ditempati oleh Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, dengan 23 kartu merah.

Tampaknya, kedua pemain tersebut harus banyak belajar dari Philipp Lahm, Raul Gonzalez, hingga Henrikh Mkhitaryan yang belum pernah mendapatkan kartu merah sepanjang karier sepak bolanya.

Namun, apa yang dilakukan kelima pesepak bola berikut ternyata lebih hebat lagi karena tidak pernah merasakan sensasi kartu, baik itu kuning maupun merah. Uniknya, kelima pemain ini bermain di Liga Inggris yang dikenal begitu keras. Berikut Ayobandung sajikan lima pemain tanpa kartu seperti dilansir dari The Herald.

 

Gary Lineker 

Inggris memang tidak berhasil pulang dengan gelar juara pada Piala Dunia 1986. Namun, ketika itu The Three Lions baru saja melahirkan salah satu bakat terbaik sepak bola Britania Raya dalam diri Gary Lineker.

AYO BACA : Batik Unik Ramah Lingkungan dari Buah Nipah

Dalam ajang tersebut, Lineker berhasil menjadi top score turnamen dengan torehan enam gol mengalahkan Diego Maradona. Namun, catatan yang membuat mantan pemain Barcelona tersebut selalu dikenang adalah prestasinya yang terbebas dari kartu.

Catatan tersebut berhasil dipertahankan Lineker saat membela lima klub, di antaranya Leicester City, Everton, Tottenham Hotspurs, Barcelona, dan Nagoya Grampus Eight. Tidak heran jika FIFA memberikan penghargaan Fair Play Award pada tahun 1990.

William Ambrose Wright

Selama 20 tahun berkarier di dunia sepak bola, William Ambrose Wright telah berhasil menjaga “keperawanannya” dari kartu. Rekor tersebut dapat dijaga Wright, baik ketika bermain di level klub maupun tim nasional Inggris.

Perlu dicatat bahwa Wright merupakan pemain pertama di dunia yang memiliki catatan 100 pertandingan bersama timnas. Wright juga menjadi kapten Inggris dengan jumlah pertandingan terbanyak. Sebanyak 90 pertandingan telah dilaluinya saat menjabat kapten Inggris, termasuk laga tiga final Piala Dunia.

Wolverhampton Wanderers merupakan satu-satunya klub yang pernah dibela oleh Wright sejak tahun 1939 hingga 1959. Maka, tidak heran jika patung Wight terpajang di depan markas Wolverhampton, Molineux Stadium.

AYO BACA : Heboh Ikan 'Penis' Bertebaran di Pantai Ini, Mau?

Stanley Matthews 

Penyerang Stoke City berjuluk The Magician tersebut merupakan salah satu legenda terbesar yang pernah dimiliki sepak bola Inggris. Stanley Matthews merupakan pemain pertama yang berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or.

Prestasi tersebut dibarengi dengan kedisiplinan Matthews di lapangan. Matthews belum pernah mendapatkan ganjaran kartu dari wasit, bakan hingga ia memutuskan gantung sepatu pada 1965. Matthews sendiri masih aktif bermain hingga usia 50 tahun. Tak heran jika kemudian Kerajaan Inggris memberinya gelar Sir.

William Ralph Dean 

William Ralph Dean atau lebih dikenal dengan Dixie merupakan salah satu legenda Everton. Selama kurun waktu 12 tahun membela The Toffees, Dixie berhasil mencetak 349 gol dalam 399 pertandingan. 

Selama itu pula Dixie berhasil menjaga statusnya sebagai pemain tanpa ganjaran kartu dari wasit. Status bersih dari kartu juga berlaku saat penyerang kelahiran tahun 1907 tersebut bermain untuk tim nasional Inggris.

Billy Liddell 

Ketika Everton memiliki William Dixie, sang seteru abadi, Liverpool, mempunyai Billy Liddell sebagai pemain yang bersih dari kartu. Sampai saat ini, Liddell menjadi satu-satunya pemain The Reds yang belum pernah mendapatkan kartu.

Publik Merseyside Merah menjuluki pemain sayap asal Skotlandia tersebut dengan sebutan Liddlepool. Julukan yang disematkan kepada Liddell ini didasarkan atas profesionalitas dan kesetiannya kepada Liverpool selama 23 tahun.

AYO BACA : Unik! Hotel Berbentuk Kentang Raksasa, Yuk Intip Isinya

Editor: Editor Ayobandung
dewanpers