web analytics
  

Kronologi Tumbangnya Pohon di Jalan Riau

Jumat, 2 Maret 2018 18:28 WIB Arfian Jamul Jawaami
Bandung Raya - Bandung, Kronologi Tumbangnya Pohon di Jalan Riau, pohon tumbang, mobil rusak

Mobil yang tertimpa pohon di Jl. RE Martadinata (riau) pada Jumay (2/3). (Arfian Jamul/ayobandung)

JALAN RIAU, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Bandung pada Jumat (2/3/2018) sekitar pukul 14.00 WIB hingga 15.20 WIB. Akibatnya pohon tumbang di beberapa wilayah, salah satunya di Jalan RE Martadinata (Riau).

Bencana tumbangnya pohon di Jalan Riau mengakibatkan dua kendaraan roda empat jenis minibus dengan merek Toyota Calya dan Chevrolet Spin mengalami kerusakan parah. Kedua mobil sama-sama berwana silver.

Adapun jumlah penumpang yang berada di dalam mobil Toyota Calya tercatat hanya satu, yakni seorang pemuda atas nama Bahtiar.

Sementara di mobil Chevrolet Spin terdapat tiga korban yang diisi oleh seorang pria dan wanita dewasa serta anak kecil.

"Mobil Toyota Calya berjalan menuju kawasan Dago. Kalau mobil Chevrolet Spin berasal dari arah sebaliknya. Tapi tidak ada korban jiwa. Semua selamat," ujar salah satu saksi mata kejadian, Brigadir Satlantas Bandung Wetan, Reza Pasarela kepada ayobandung.

Saat lampu merah tengah menyala dan arus lalu lintas terbilang cukup padat, tiba-tiba saja pohon yang berada tepat di depan Graha Pos Indonesia tumbang.

Mobil Toyota Calya mengalami kerusakan paling parah karena berada di posisi terdekat dengan pohon. Kerusakan paling parah berada di bagian sisi kiri dan kap mobil. Sementara kerusakan yang dialami mobil Chevrolet Spin terlihat pada bagian kap dan atap mobil.

"Kerugian material diperkirakan mencapai Rp 20 juta untuk setiap mobil," ujar Reza.

Namun lantaran kerusakan mobil disebabkan oleh bencana alam, maka pihak korban tidak dapat mengajukan klaim ke asuransi. Kini kedua mobil masih telah diamankan dan berada di area parkir Factory Outlet Heritage.

Hingga berita ini diturunkan, pihak korban masih membicarakan soal pemilikan dan pengelolaan dari pohon yang tumbang. Sehingga terkait pembiayaan kerusakan dapat diselesaikan melalui jalan musyawarah.

"Masih di dalam Graha Pos membicarakan soal pengelolaan pohon. Apakah pohon ini milik Dinas Pertamanan Kota Bandung atau PT Pos," ujar salah satu rekan korban, Bobby.

Menurut pantauan ayobandung, pohon yang tumbang berada di dalam pagar Graha Pos Indonesia. Sementara untuk pengelolaan pohon oleh pihak Dinas Pertamanan biasanya berada di trotoar. 
 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers