web analytics
  

Jelang Penetapan, LHKPN Bakal Calon Pilgub Jabar Belum Rampung

Minggu, 11 Februari 2018 22:18 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Jelang Penetapan, LHKPN Bakal Calon Pilgub Jabar Belum Rampung, lhkpn bakal calon, lhkpn cagub cawagub jabar, pilgub jabar 2018, pilkada jabar

Ilustrasi Pilkada 2018. (ayobandung/Satrio Iman)

LASWI, AYOBANDUNG.COM -- Menjelang penetapan, laporan harta kekayaan pejabat negara alias LHKPN bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dari Komisi Pemberantasan Korupsi belum juga rampung.

Sebagaimana diketahui, LHKPN merupakan salah satu syarat calon yang harus dipenuhi oleh masing-masing bakal calon. Jika tidak terpenuhi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mencoret nama paslon yang bersangkutan.

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat mengatakan, hingga saat ini semua bakal calon belum mempunyai hasil pemeriksaan LHKPN dari KPK. "LHKPN dari KPK belum ada yang keluar," tutur Yayat, Minggu (11/2/2018).

Kendati demikian, kata Yayat, belum keluarnya LHKPN bukan masalah krusial. Proses penetapan pasangan calon bakal tetap dilakukan pada Senin (12/2/2018). Soalnya, seluruh kandidat bakal calon sudah melaporkan hal tersebut yang dibuktikan dengan resi tanda terima dari KPK.

"Yang penting sudah melaporkan ke KPK sebelum waktu yang ditentukan. LHKPN, kan, tidak menyatakan lulus atau tidak lulus, hanya melaporkan dan diumumkan kalau sudah keluar laporan hasil pemeriksaannya," ujar Yayat menjelaskan.

Terlebih, kata Yayat, KPU RI telah membuat surat edaran terkait masalah tersebut. Surat edaran itu menyebutkan jika semua bakal calon kepala daerah harus melaporkan harta kekayaannya paling lambat 20 Januari 2018 yang dibuktikan dengan resi tanda terima dari KPK.

Editor: Asri Wuni Wulandari

artikel terkait

dewanpers